HOME, Keluarga

Ide Desain Ruang Keluarga Gaya Industrial, Keren dan Gagah

Ide Desain Ruang Keluarga Gaya Industrial, Keren dan Gagah

MOMSMONEY.ID - Interior rumah dengan gaya industri banyak digemari oleh pecinta desain interior. Pasalnya, gaya interior ini tidak menuntut kesempurnaan, tapi malah menonjolkan ketidaksempurnaan interior dari penampilan dinding dan material bangunan yang dibiarkan apa adanya.

Gaya industrial di rumah bisa diaplikasikan ke ruangan mana saja, termasuk ruang keluarga. Gaya industrial yang diterapkan di ruang keluarga tentu bisa menciptakan penampilan ruangan yang keren dan membuat penghuni rumah betah menghabiskan waktu di ruangan tersebut.

Berikut ini ada beberapa contoh ruang keluarga dengan gaya industrial yang menarik dan membuat ruangan terasa keren dan gagah. Yuk, lihat penampilan ruang keluarga tersebut di bawah ini!

Baca Juga: Banyak Digunakan di Interior Rumah dan Kafe, Apa Itu Gaya Industrial?

Panel kayu di belakang TV

Gaya industrial identik dengan penggunaan material seperti kayu dan besi. Jika biasanya material tersebut menjadi unsur utama di ruangan, coba untuk menggunakannya sebagai aksen di ruang keluarga untuk menciptakan titik fokal yang menarik.

Ruang keluarga di atas menggunakan dinding warna abu-abu yang polos sebagai dasar. Menggunakan warna abu-abu polos sudah cukup untuk memunculkan kesan industrial, namun pemiliknya memilih untuk menambahkan aksen pada dinding melalui penggunaan panel kayu yang disusun di belakang TV.

Alhasil, penampilan ruang keluarga pun terlihat menarik dengan keberadaan panel kayu di dinding. Jika Anda ingin menggunakan teknik yang sama di ruang keluarga, pastikan warna panel kayu yang digunakan serasi dengan elemen-elemen lainnya di ruang keluarga.

Bata putih yang simpel

Selain kayu, bata juga material yang populer digunakan dalam ruangan bergaya industrial. Penggunaan bata biasanya diwujudkan dalam bentuk tembok bata ekspos yang dibiarkan begitu saja, sehingga memunculkan kesan industrial yang estetik.

Namun, penggunaan tembok bata berwarna merah bisa terasa sedikit ramai dan overwhelming bagi penghuni rumah. Solusinya, Anda bisa menggunakan tembok bata yang dicat dengan warna putih untuk memberi kesan ruang keluarga industrial yang sedikit kalem.

Untuk menyeimbangkan warna putih pada dinding, gunakan furnitur empuk dengan warna hangat seperti coklat atau merah gelap, misalnya seperti sofa pada gambar di atas. Anda juga bisa menambahkan tanaman hias yang minimalis untuk tambahan warna hijau yang segar.

Baca Juga: Banyak Digemari, Intip Inspirasi Wallpaper Motif Bata yang Rustic dan Keren

Furnitur ala industrial

Kesan industrial juga bisa dimunculkan dari furnitur atau perabotan yang digunakan di dalam ruangan. Gunakan furnitur dengan material yang terlihat kaku dan keras seperti kayu dan besi.

Seperti gambar di atas, Anda dapat memilih meja dengan perpaduan kayu dan besi dengan finishing natural yang apa adanya. Pilihlah furnitur dengan desain minimalis supaya tidak terasa berlebihan saat diletakkan di ruang keluarga.

Terakhir, Anda perlu memastikan bahwa warna-warna furnitur tersebut serasi dengan keseluruhan tema industrial di ruang keluarga. Perpaduan warna yang tepat akan membuat ruang keluarga terlihat makin nyaman.

Dinding batu untuk tekstur

Dinding bata ekspos pada ruangan bertema industrial dimaksudkan untuk menambah tekstur kasar, sehingga memberi kesan ruangan yang “belum selesai”.

Namun, Anda tidak harus menggunakan dinding bata ekspos untuk mendapatkan efek seperti itu. Penggunaan batu alam yang terlihat kasar dapat menjadi alternatif yang bisa menggantikan dinding batu bata. Kesan dinding yang terlihat apa adanya pun masih bisa terlihat walaupun menggunakan material yang berbeda.

Jika Anda ingin meniru kesan hangat dari batu bata, pilihlah batu alam dengan warna coklat kemerahan. Anda bisa menggunakan batu asli atau wallpaper sesuai selera. Jika tekstur dan warna dinding dirasa terlalu ramai, cukup gunakan dinding batu di satu sisi dinding sehingga tercipta dinding aksen yang unik.

Nah, itulah beberapa contoh penerapan gaya industrial pada ruang keluarga. Adakah desain yang membuat Anda tertarik untuk menirunya?

Selanjutnya: Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Membangun Lantai Mezzanine di Rumah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News