HOME, Keluarga

Inspirasi Dapur Gaya Japandi yang Kalem dan Homey

Inspirasi Dapur Gaya Japandi yang Kalem dan Homey

MOMSMONEY.ID - Gaya interior Japandi belakangan menjadi tren desain interior yang banyak diaplikasikan di hunian. Tak heran, karena penampilan gaya Japandi yang simpel dan minimalis dapat menghadirkan kesan rumah yang kalem dan elegan.

Salah satu ruangan yang dapat didesain dengan gaya Japandi adalah dapur. Karena merupakan area yang sering diakses penghuninya, keadaan dapur yang bersih dan rapi ala Japandi tentu dapat membuat kegiatan memasak jadi lebih menyenangkan.

Jika Anda sedang mencari inspirasi dapur bergaya Japandi untuk diterapkan di rumah, berikut ini ada beberapa contoh dapur dengan gaya Japandi yang kalem dan homey. Yuk, tengok dapur-dapur cantik ini di bawah!

Baca Juga: Inspirasi Kamar Tidur ala Japandi, Istirahat Jadi Makin Tenang

Kombinasi material alam

Gaya Japandi identik dengan penggunaan material alam untuk menghasilkan kesan natural dan kalem. Perpaduan warna antara material alam akan menciptakan kesan dapur yang nyaman dan bersih.

Dapur di atas menggunakan warna netral yang lembut sebagai dasar, sehingga ruangan terasa kalem. Untuk meja dapur, pemiliknya menggunakan perpaduan antara kayu dan batu atau semen yang diberi finishing natural dan apa adanya.

Supaya warnanya tidak terlalu monoton, ada tambahan aksen melalui penggunaan warna hitam di kursi dan pernak-pernik kecil lainnya. Hasilnya, dapur Japandi yang minimalis dan natural pun tercipta.

Meja hitam yang mencolok

Karena mengusung konsep minimalisme, gaya Japandi banyak menekankan pada penggunaan warna netral di interior ruangan. Warna putih, coklat, dan abu-abu pun menjadi kombinasi warna yang banyak digunakan di interior bergaya Japandi.

Namun, adakalanya kombinasi warna tersebut terasa datar dan membosankan. Solusinya, Anda bisa menggunakan warna hitam pekat yang juga netral sebagai aksen ruangan.

Dapur Japandi di atas menggunakan material kayu dan perpaduan warna putih-coklat pada sebagian besar permukaan dapur. Uniknya, dapur ini menggunakan meja dapur dengan warna hitam matte sebagai pusat perhatian. Kehadiran warna hitam yang kontras dengan keseluruhan penampilan dapur pun menjadi daya tarik yang keren.

Baca Juga: Ide Dekorasi Ruang Keluarga Gaya Japandi yang Minimalis dan Nyaman

Warna coklat kayu yang hangat

Karena Japandi identik dengan penggunaan material kayu dan warna netral, maksimalkan saja keduanya di dapur Anda. Warna kayu yang coklat hangat pun dapat memberikan kesan hangat yang sesuai untuk dapur.

Sebagai contoh, coba tengok gambar dapur di atas. Material kayu berwarna terang digunakan pada hampir seluruh permukaan dapur seperti meja, lemari, dan kabinet. Supaya tidak terasa suram, pastikan ada pencahayaan yang cukup di dapur.

Untuk menyeimbangkan warna coklat yang hangat, berikan tambahan warna putih melalui dinding dapur. Anda dapat menggunakan keramik dinding yang disusun secara sederhana untuk menciptakan corak yang simpel.

Perpaduan warna coklat

Saat membicarakan penggunaan kayu sebagai material utama dalam gaya Japandi, Anda perlu mengingat bahwa kayu memiliki beragam variasi warna, mulai dari terang hingga gelap. Variasi warna ini dapat Anda manfaatkan untuk perpaduan warna yang apik di dapur.

Sesuai dengan prinsip Japandi, Anda dapat menggunakan kayu berwarna terang sebagai dasar. Kemudian, sebagai aksen, gunakan warna coklat gelap yang bisa memberi kontras warna menarik.

Sebagai contoh, dapur pada gambar di atas menggunakan perpaduan warna putih dan coklat terang sebagai warna dasar yang mendominasi sebagian besar permukaan dapur. Untuk memberi aksen, pemiliknya menggunakan kursi tinggi dengan warna coklat gelap yang kontras, ditambah dengan warna hitam pekat sebagai pelengkapnya.

Itulah beberapa contoh dapur bergaya Japandi yang dapat Anda tiru di rumah. Semoga bisa menjadi inspirasi untuk Anda!

Selanjutnya: Ide Desain Ruang Keluarga Gaya Industrial, Keren dan Gagah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News