HOME, Keluarga

Ide Dekorasi Ruang Keluarga Gaya Japandi yang Minimalis dan Nyaman

Ide Dekorasi Ruang Keluarga Gaya Japandi yang Minimalis dan Nyaman

MOMSMONEY.ID - Ruang keluarga adalah salah satu area di dalam rumah yang sering digunakan, jadi Anda perlu mendekorasinya dengan cermat supaya nyaman untuk ditempati seluruh keluarga. Salah satu gaya dekorasi yang bisa Anda terapkan adalah gaya Japandi.

Japandi adalah gaya interior rumah yang merupakan gabungan antara gaya Jepang dan Skandinavia. Walaupun berasal dari belahan dunia yang berbeda, kedua gaya interior tersebut sama-sama mempunyai konsep kesederhanaan dan fungsionalitas sehingga cocok untuk diterapkan di rumah bergaya minimalis.

Tertarik mencoba gaya Japandi pada ruang keluarga Anda? Yuk, tengok beberapa contoh ruang keluarga yang menggunakan dekorasi gaya Japandi di bawah ini.

Baca Juga: Rekomendasi Toko Kerajinan Keramik untuk Home Decor, Bikin Rumah Tampil Beda!

Dinding abu-abu yang eye-catching

Karena mengusung prinsip minimalisme, gaya Japandi banyak menekankan pada penggunaan warna-warna yang netral dan alami seperti abu-abu, putih, dan coklat muda. Karena itulah, warna putih dianggap sebagai pilihan yang aman dalam mendekorasi ruangan bergaya Japandi.

Namun, penampilan dinding yang putih polos kadang terkesan monoton dan datar. Ruang keluarga di atas menggunakan warna abu-abu pada salah satu sisi dinding supaya terlihat eye-catching ketika dipadukan dengan sisi lain dinding yang berwarna putih. Sebagai pelengkap, gunakan furnitur berbahan kayu yang akan semakin menonjolkan kesan Japandi.

Warna lembut yang elegan

Untuk menghadirkan kesan hangat dan elegan di ruang keluarga, Anda bisa menggunakan warna-warna netral dengan tone hangat.

Ruang keluarga di atas didominasi dengan warna coklat muda yang hangat, dengan warna warm white sebagai dasarnya. Kesan natural pun tetap ada dari penggunaan furnitur dan lantai kayu dengan warna coklat yang senada dengan penampilan ruangan. Sebagai pelengkap, manfaatkan pencahayaan alami melalui jendela untuk kesan lembut yang elegan.

Nyaman untuk lesehan

Gaya interior Japandi seringkali menekankan penggunaan furnitur yang low-profile dan rendah, sehingga dekat dengan permukaan lantai. Secara tidak langsung, penggunaan gaya Japandi dalam ruang keluarga akan memudahkan Anda untuk lesehan di lantai dengan leluasa.

Ruang keluarga di atas menggunakan furnitur rendah berbahan kayu dengan finishing alami untuk menegaskan kesan natural dari kayu. Lalu, ada tambahan warna-warna netral yang hangat seperti warna putih dan coklat kayu untuk menambah kesan minimalis. Terakhir, ada tambahan karpet dan bantal duduk yang membuat lesehan semakin nyaman.

Baca Juga: Inspirasi Kamar Warna Lilac yang Manis dan Anggun

Kecil tapi nyaman

Ruang keluarga yang kecil bukan halangan untuk berkreasi dengan dekorasi gaya Japandi. Malahan, gaya Japandi yang mengusung kesederhanaan dan minimalisme sangat cocok untuk diterapkan di ruangan kecil sehingga penampilan ruang keluarga Anda tetap bisa terlihat menarik.

Supaya ruang keluarga kecil Anda terlihat nyaman, gunakan warna-warna netral yang lembut dengan tone dingin. Seperti ruang keluarga kecil di atas, Anda bisa menggunakan warna putih sebagai dasar, lalu tambahkan furnitur simpel seperti sofa dan meja. Gunakan perpaduan warna netral seperti abu-abu dan coklat supaya ruang keluarga tidak terlihat monoton.

Sebagai pelengkap, Anda bisa menambahkan dekorasi sederhana untuk menghidupkan suasana ruang keluarga. Jangan lupa untuk memaksimalkan pencahayaan di dalam ruangan lewat lampu atau cahaya matahari yang masuk lewat jendela.

Baca Juga: Rekomendasi Toko Online Wall Decor, Dinding Polos Jadi Lebih Hidup!

Pencahayaan yang maksimal

Salah satu karakteristik gaya Japandi adalah pencahayaan yang optimal di dalam ruangan. Jadi, Anda perlu memperhitungkan seperti apa pencahayaan di dalam ruangan sebelum mendekorasi ruang keluarga Anda dengan gaya Japandi.

Cara termudah untuk mendapatkan pencahayaan yang maksimal adalah dengan memanfaatkan pencahayaan alami dari luar. Gunakan jendela dan pintu kaca berukuran besar untuk memasukkan cahaya alami sebanyak-banyaknya, seperti pada ruang keluarga di atas.

Jika Anda tinggal di lingkungan padat yang memiliki akses cahaya matahari yang terbatas, Anda dapat memanfaatkan skylight atau panel kaca yang dipasang pada atap rumah untuk efek pencahayaan alami yang optimal. Jangan lupa gunakan warna terang pada ruang keluarga untuk membantu memantulkan cahaya dengan baik.

Nah, itulah beberapa ide dekorasi ruang keluarga dengan gaya Japandi. Bagaimana, apakah Anda makin mantap untuk mendekorasi ruang keluarga Anda dengan gaya ini?

Selanjutnya: Bikin Betah Kumpul, Tengok Inspirasi Ruang Keluarga Minimalis Berikut Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News