HOME, Bugar

Tanda Tubuh Kekurangan Mineral Berdasarkan Jenisnya

Tanda Tubuh Kekurangan Mineral Berdasarkan Jenisnya

MOMSMONEY.ID - Mineral merupakan zat kimia yang dibutuhkan makhluk hidup sebagai nutrisi untuk bisa mendukung fungsi organ dengan baik.

Dalam tubuh manusia, mineral terbagi menjadi 6 bagian yaitu zinc, kalsium, magnesium, potassium, iodine, dan selenium.

Jika kekurangan mineral setiap bagiannya akan memberikan tanda yang berbeda-beda. Berikut ini adalah beberapa tanda kekurangan mineral.

Baca Juga: Manfaat Daun Kemangi yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Zinc

Jika tubuh kekurangan kandungan mineral zinc, tubuh akan menghasilkan sistem imun yang lemah, sehingga lebih rentan terserang penyakit. Selain itu munculnya alergi, rambut yang menipis, jerawat, dan diare juga kerap menjadi tanda tubuh kekurangan zinc.

Kalsium

Kalisum berfungsi untuk memperkuat struktur tubuh. Jika kekurangan kalsium maka keadaan seperti kulit kering, tekanan darah tinggi, dan kesemutan bisa menjadi tanda-tandanya. Tooth decay atau gigi yang rentan keropos juga bisa menjadi satu tanda tubuh kekurangan kalsium.

Magnesium

Tubuh yang ada pada kondisi kekurangan magnesium bisa memberikan tanda seperti adanya gangguan tidur, cemas, dan rentan depresi. Merasa pusing dan lelah terutama saat PMS juga bisa menjadi tanda tubuh kekurangan magnesium.

Baca Juga: Kenali Beberapa Efek Samping Konsumsi Green Tea untuk Diet

Potassium

Potassium kerap ditemukan pada sumber makanan pisang, kacang, dan tomat. Jika tubuh berada dalam kondisi kekurangan potassium maka tubuh akan memberikan tanda seperti kram, kembung, mual, pusing, dan juga konstipasi pada saluran pencernaan.

Iodine

Kekurangan iodine bisa terlihat dari tanda-tanda seperti menurunnya temperature tubuh, merasa lemas, dan lelah. Selain itu tanda lain seperti susah menelan makanan, kulit yang memucat, dan sakit pada bagian lidah juga bisa menjadi salah satu tandanya.

Selenium

Selenium bisa ditemukan pada makanan daging, seafood, dan produk dairy lainnya. Saat kekurangan selenium tubuh akan menunjukkan tanda seperti metabolisme melambat, proses penyembuhan yang lama, dan mudah pikun. Ada juga tanda lain seperti rambut rontok dan kering serta menurunnya sistem imun tubuh.

Selanjutnya: 4 Inspirasi Rumah Minimalis Gaya Jepang yang Simpel dan Kalem

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News