HOME, Keluarga

4 Inspirasi Rumah Minimalis Gaya Jepang yang Simpel dan Kalem

4 Inspirasi Rumah Minimalis Gaya Jepang yang Simpel dan Kalem

MOMSMONEY.ID - Jika Anda menginginkan tampilan rumah minimalis yang sederhana dan kalem, coba pertimbangkan untuk mengadaptasi gaya interior rumah ala Jepang.

Pasalnya, rumah ala Jepang mengusung konsep minimalisme yang simpel dan penuh dengan elemen alam yang membuat penghuninya merasa tenang. Interiornya yang simpel pun membuat Anda tidak perlu memikirkan dekorasi atau pernak-pernik yang berlebihan.

Tertarik mencoba gaya rumah minimalis ala Jepang? Yuk, lihat dulu beberapa contohnya di bawah ini!

Baca Juga: 9 Karakteristik Rumah Gaya Jepang yang Hangat dan Menenangkan

Furnitur yang rendah

Secara tradisional, keberadaan kursi di dalam rumah Jepang cukup digantikan dengan bantal duduk yang lebar, tapi saat ini banyak rumah modern yang berkompromi dengan menggunakan kursi atau sofa dengan kaki yang rendah.

Contohnya seperti interior rumah di atas ini. Kursi, sofa, dan meja pada ruangan tersebut memiliki desain yang minimalis dengan kaki yang rendah sehingga penghuni rumah dapat menjejak lantai dengan mudah, bahkan lesehan di lantai jika diinginkan. Warna furniturnya pun termasuk netral sehingga serasi dengan interior rumah.

Warna-warna yang hangat

Selain furnitur yang rendah, rumah bergaya Jepang umumnya juga mengusung palet warna alami yang hangat, misalnya coklat dan krem khas warna kayu. Sebagai tambahan, warna hijau dan abu-abu juga kerap digunakan dalam rumah Jepang.

Interior rumah Jepang di atas menggunakan warna coklat muda yang cerah dan hangat sebagai warna utama, lalu menambahkan warna lainnya seperti hijau, abu-abu, dan hitam. Warna-warna terang tersebut pun makin terasa hangat ketika ditimpa cahaya matahari dari jendela.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Channel YouTube Seputar Renovasi Rumah, Dijamin Bakal Terinspirasi

Pencahayaan alami yang maksimal

Rumah gaya Jepang menyukai penggunaan cahaya alami di dalam rumah untuk memaksimalkan kesan sederhana dan nyaman. Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan cahaya alami, mulai dari menggunakan jendela besar, skylight, hingga taman di dalam rumah.

Rumah di atas memilih untuk menggunakan taman batu khas Jepang di dalam rumah sebagai sarana untuk mendapatkan pencahayaan alami. Karena dipasangi jendela dan pintu kaca yang besar, cahaya alami yang masuk dapat menerangi seluruh ruangan. Apalagi, interior rumah tersebut memiliki konsep open space tanpa sekat yang membuat cahaya tidak terhalang.

Taman batu yang menenangkan

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by ネイエ (@neie_architects)

Taman batu merupakan fitur khas rumah Jepang yang dapat menghadirkan kesan natural dan menenangkan. Biasanya, taman batu ini berada di bagian dalam rumah, bisa di tengah maupun samping.

Rumah yang satu ini menempatkan taman batunya di bagian samping rumah, dengan panel kayu yang memagarinya supaya memberikan privasi.

Taman batu tersebut terdiri dari batu-batu yang disebarkan pada tanah dan tanaman hijau yang simpel. Selain mempercantik rumah, taman tersebut juga membantu memberikan pencahayaan alami yang maksimal ke dalam rumah.

Selanjutnya: Cerah Bak Matahari, Ini 5 Inspirasi Wallpaper Warna Kuning untuk Interior Rumah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News