HOME, Bugar

Manfaat Daun Kemangi yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Manfaat Daun Kemangi yang Jarang Diketahui Banyak Orang

MOMSMONEY.ID - Daun kemangi kerap  menemani saat makan sebagai lalapan. Kemangi atau Ocimum citriodorum adalah sejenis tanaman perdu yang memiliki ciri khas pada aroma daunnya.

Aroma harumnya tersebut cukup menyengat saat daun dipatahkan. Meskipun memiliki aroma yang harum, daun yang satu ini memiliki cita rasa yang agak pahit. 

Tapi jangan salah, meskipun manfaat daun kemangi jarang diketahui, namun ternyata daun ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan yang sangat luar biasa.

Maka, tak heran, jika daun atau sayuran yang satu ini dianggap sering dijadikan bahan herbal yang sering dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional.

Nah, di bawah ini adalah 5 manfaat daun kemangi untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui, dilansir dari WebMD dan Everyday Health.

Baca Juga: Manfaat Pisang Rebus, Salah Satu Menu Sehat yang Cocok untuk Diet

1. Menjaga kesehatan kulit dan wajah

Manfaat daun kemangi tidak hanya untuk kesehatan saja, tapi juga untuk kecantikan. Manfaat yang satu ini bisa didapat karena daun kemangi mengandung zat aktif yang dapat berperan penting dalam proses regenerasi sel-sel kulit.

Cara menggunakannya yaitu, tumbuk daun kemangi sebagai masker wajah yang nantinya akan membuat wajah lebih cerah dan segar.

Selain itu, mengoleskan daun kemangi di wajah secara teratur juga bisa membantu mencegah timbulnya jerawat di wajah. Hal tersebut dikarenakan daun kemangi memiliki kandungan antiinflamasi dan antimikroba di dalamnya.

2. Meredakan sakit tenggorokan

Selanjutnya, kandungan mineral dalam daun kemangi juga ampuh untuk meredakan peradangan dan sakit pada tenggorokan. Cara mengonsumsinya yaitu, minum air hangat dari rebusan daun kemangi untuk hasil yang efektif.

3. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat daun kemangi yang pertama yaitu untuk menjaga kesehatan jantung. Daun kemangi kaya akan antioksidan eugenol yang berguna untuk menurunkan dan mengendalikan kadar kolesterol serta gula darah.

Daun kemangi juga mengandung beta-karoten dan magnesium yang berfungsi untuk menjaga dan memelihara kesehatan jantung.

4. Mengatasi batuk dan flu

Daun kemangi juga bermanfaat sebagai ekspektoran dalam mengencerkan lendir penderita bronkitis dan asma. Mineral dalam sayuran lalapan ini juga berkhasiat dalam meredakan dan mengatasi batuk dan flu. 

Baca Juga: Tak Hanya Pelengkap Masakan, Ini Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan

5. Meringankan stres

Manfaat daun kemangi selanjutnya yaitu dapat meringankan stres. Sebuah penelitian menemukan bahwa kandungan adaptogen, zat anthocyanin, dan beta karoten dalam daun kemangi bersifat antistres.

Adaptogen merupakan zat alami dalam daun kemangi yang dapat membantu tubuh beradaptasi dengan stres dan meningkatkan keseimbangan mental.

Selain meringankan stres, menurut sebuah studi, daun kemangi juga mengandung berbagai nutrisi yang dapat membantu menghilangkan gangguan kecemasan dan depresi.

Bahkan, daun ini juga dapat meningkatkan kemampuan untuk berpikir logis, mencegah pikun akibat penuaan, hingga meringankan stres akibat masalah tidur dan seksual.

Nah, itulah 5 manfaat daun kemangi yang jarang diketahui. Banyak orang yang tidak tertarik untuk mengonsumsi daun kemangi karena alasan tertentu atau aromanya yang cukup menyengat.

Namun, siapa sangka jika daun kemangi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan bahkan kecantikan. 

Selanjutnya: Konsumsi 5 Buah Ini untuk Meredakan Sakit Kepala

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News