HOME, Santai

Takut Terima Telepon? Bisa Jadi Itu Phone Anxiety, Yuk Kenali Penyebabnya

Takut Terima Telepon? Bisa Jadi Itu Phone Anxiety, Yuk Kenali Penyebabnya

MOMSMONEY.ID - Pernahkah Anda merasa takut untuk mengangkat sebuah panggilan telepon? Atau lebih merasa nyaman untuk chatting daripada berbicara di telepon?

Kondisi tersebut dinamai dengan phone anxiety. Phone anxiety sendiri adalah sebuah kondisi dimana seseorang tidak mau atau merasa takut berbicara melalui telepon. Telepon yang bordering pada ponsel pun kerap kali dihindari atau dibiarkan begitu saja.

Dari data yang dilampirkan laman The Conversation, di UK saja sebanyak 76% generasi millenials dan 40% generasi baby boomers merasa cemas ketika mengetahui ponsel mereka berdering.

Baca Juga: 4 Alasan Pentingnya Digital Detox Buat Kesehatan Mental dan Fisik

Karena hal tersebut membuat sebanyak 61% generasi millenials menjauhi panggilan telepon dibandingkan dengan 42% generasi baby boomers.

Menurut laman Very Well Mind, phone anxiety merupakan gejala umum yang dirasakan oleh penderita social anxiety disorder atau disingkat SAD.

Hal ini bisa ditandai dengan adanya perasaan cemas atau takut untuk membuat atau menerima panggilan. Bahkan, ada pula yang merasa deg-degan ketika harus menerima telepon dari orang lain.

Gejala lain yang mungkin dirasakan adalah perasaan cemas mengganggu orang lain dan juga rasa cemas tentang apa yang harus dikatakan. Biasanya penderita phone anxiety akan merasa cemas dengan apa yang ia dan orang lain katakan di telepon.

Baca Juga: Yuk, Cari Tahu Cara Meningkatkan Serotonin Secara Alami

Mereka cenderung berhati-hati dengan pembicaraan di telepon. Karena mereka takut merasa dipermalukan atau mempermalukan diri sendiri. 

Penyebab munculnya phone anxiety menurut Wikipedia bisa saja terjadi karena ketakutan yang memungkinkan penelepon membawa berita buruk. Selain itu, faktor insecurity juga berperan menjadi penyebab munculnya phone anxiety.

Pemikiran yang tidak fokus dan bingung bagaimana memberi respon yang cepat dan baik juga menjadi salah satu penyebab seseorang menderita phone anxiety.

Phone anxiety sendiri di klaim dapat menghambat perkembangan kehidupan personal dan professional seseorang. Maka dari itu phone anxiety sebaiknya diberikan treatment yang tepat sehingga bisa dikurangi gejalanya.

Selanjutnya: Ingin Punya Rumah dengan Konsep Open Space? Berikut Inspirasinya Untuk Anda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News