HOME, Santai

4 Alasan Pentingnya Digital Detox Buat Kesehatan Mental dan Fisik

4 Alasan Pentingnya Digital Detox Buat Kesehatan Mental dan Fisik

MOMSMONEY.ID - Sedang marak digaungkan, digital detox kini sudah menjadi sebuah kegiatan normal yang dilakukan banyak orang. 

Menurut Wikipedia, digital detox adalah sebuah kegitan dalam periode waktu tertentu ketika seseorang secara sadar beristirahat dan menghentikan kegiatannya menggunakan peralatan digitalnya.

Biasanya kegiatan ini diakibatkan karena terlalu banyaknya waktu yang dihabiskan seseorang dengan peralatan digitalnya. Digital detox sendiri memiliki banyak manfaat yang ternyata berguna bagi kesehatan mental dan fisik.

Baca Juga: Kapan Waktu Yang Tepat untuk Resign? Simak Tips Berikut Ini Sebelum Resign

Berikut ini adalah manfaat dari digital detox bagi kesehatan mental dan fisik.

Meningkatkan kualitas tidur

Digital detox ternyata memiliki manfaat untuk membantu meningkatkan kualitas tidur. Memurut penelitian yang dilansir dari laman Very Well Mind, peneliti menemukan fakta bahwa peralatan digital dapat memberikan efek pada kualitas tidur dan mood.

Tingkat insomnia, anxiety, dan durasi tidur yang pendek bisa saja terjadi pada Anda yang gemar menggunakan peralatan digital Anda sebelum tidur. Maka dari itu, dengan melakukan digital detox dapat membantu meningkatkan kualitas tidur Anda.

Meningkatkan produktivitas

Produktivitas harian kerap kali terganggu dengan keinginan untuk mengecek sosial media pada peralatan digital Anda. Sehingga kegiatan yang lebih penting seringkali terbengkalai dan tidak terurus.

Dengan melakukan digital detox, Anda dapat kembali membuat aktivitas yang produktif dan rentan akan stress. Anda bisa melakukan olahraga tanpa perlu cemas akan sosial media dan notifikasi pada ponsel Anda. Anda juga bisa melakukan pekerjaan Anda tanpa perlu takut ada gangguan dari ponsel Anda.

Baca Juga: Ini Alasan Penting Mengapa Harus Menghapus Makeup Sebelum Tidur

Terhindar dari FOMO

FOMO adalah sebuah singkatan dari Fear Of Missing Out atau rasa takut untuk ketinggalan sesuatu trend dan berita daripada orang lain. Fenomena FOMO ini kerap terjadi lantaran banyaknya waktu yang dikonsumsi di sosial media.

Dengan melakukan digital detox bisa membantu Anda untuk mengurangi diri dari perasaan FOMO. Yang paling penting adalah kehidupan nyata Anda bukanlah kehidupan yang ada pada dunia digital Anda.

Meningkatkan hubungan yang sehat

Digital detox tentunya akan membawa Anda untuk lebih terhubung dengan dunia nyata dan orang-orang yang ada di sekitar Anda. Hubungan yang sehat dengan sekitar Anda dapat Anda peroleh kembali dengan meletakkan peralatan digital Anda.

Obrolan yang nyata dan riil bisa Anda dapatkan dengan orang-orang di sekitar Anda. Terutama dengan orang yang Anda cintai. 

Selanjutnya: Sama-Sama Hasil Seni, Kenali Perbedaan Vandalisme VS Street Art

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News