HOME, Santai

Yuk, Cari Tahu Cara Meningkatkan Serotonin Secara Alami

Yuk, Cari Tahu Cara Meningkatkan Serotonin Secara Alami

MOMSMONEY.ID - Serotonin adalah hormone terpenting dalam tubuh yang membawa pesan kimia bagi fungsi tubuh. Serotonin berguna dalam meredakan anxiety dan stress. Jika hormone serotonin rendah maka tingkat depresi akan bertambah. 

Serotonin memiliki fungsi banyak untuk menciptakan suasana dan perasaan senang pada pikiran. Hormon ini juga membantu meningkatkan nafsu makan.

Ketika hormone ini rendah maka sebenarnya hormon ini dapat ditingkatkan. Tak perlu obat, serotonin dapat ditingkatkan dengan secara natural.

Baca Juga: 6 Bahan Mandi Rempah untuk Kulit Sehat, Cerah dan Wangi

Olahraga

Secara umum, olahraga bisa membantu menurunkan stress. Gerakan yang ditimbulkan oleh otot-otot saat berolahraga akan menghasilkan tryptophan, yang nantinya akan diubah tubuh menjadi serotonin. 

Tryptophan dalam tubuh yang telah diubah menjadi serotonin akan menekan jumlah amino acid dalam tubuh. Sehingga tryptophan akan lebih mudah untuk mencapai otak.

Cahaya matahari

Serotonin akan lebih mudah mengalami penurunan pada musim dingin. Dimana tingkat pancaran sinar matahari mengalami penurunan. Dengan berjemur, maka tingkat serotonin pada tubuh bisa meningkat.

Baca Juga: 6 Tanaman Hias Beraroma Harum untuk Pekarangan Rumah

Luangkan waktu 10-15 menit dalam sehari untuk berjemur atau melakukan aktivitas di luar ruangan. Hal ini akan membantu kulit untuk beregenerasi dan menghasilkan serotonin. Anda bisa berolahraga atau sekedar berjemur di luar ruangan.

Pola makan

Makanan yang Anda konsumsi ternyata juga menjadi salah satu sumber serotonin. Makanan-makanan yang mengandung tryptophan ini nantinya akan diubah menjadi serotonin.

Makanan seperti kedelai, ayam, salmon, telur, sayur bayam, kacang-kacangan adalah makanan yang memiliki banyak sumber tryptophan. Mengkonsumsinya sebagai bahan makanan seari-hari tentunya akan membuat kadar serotonin menjadi meningkat dan terhindar dari stress.

Pijat

Terapi pijat bisa membantu meningkatkan serotonin dan dopamine pada tubuh. Pijat juga mampu membantu menurunkan kortisol, yaitu zat yang menyebabkan stress. 

Selain itu, dengan rutin melakukan terapi spa atau pijat, maka tubuh dan pikiran akan terasa lebih rileks dan tingkat stress dapat menurun.

Selanjutnya: Mengenal Apa Itu Skill Set dalam Dunia Kerja

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News