HOME, Keluarga

Tak Selalu Nyaman, Intip Kelebihan dan Kekurangan Tinggal di Rumah Besar

Tak Selalu Nyaman, Intip Kelebihan dan Kekurangan Tinggal di Rumah Besar

MOMSMONEY.ID - Tinggal di rumah yang luas dan besar menjadi impian banyak orang. Apakah Anda salah satunya?

Memang, rumah berukuran besar menawarkan berbagai keunggulan. Selain terasa luas dan lega, rumah besar juga memiliki kesan mahal dan mewah sehingga bisa meningkatkan prestise pemiliknya.

Namun, di balik semua kelebihan tersebut, tinggal di rumah besar juga memiliki kekurangan tersendiri. Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk pindah ke rumah besar, kelebihan dan kekurangan ini perlu dipikirkan supaya tidak menyesal nantinya.

Kira-kira, apa saja kelebihan dan kekurangan tinggal di rumah besar? Dirangkum dari laman The Motley Fool dan Moving.tips, berikut penjelasannya.

Baca Juga: Bagaimana Cara Merawat Lantai Vinyl? Simak Tipsnya Berikut Ini

Kelebihan Rumah Besar

Lebih leluasa bergerak

Kelebihan utama dari rumah besar adalah ukurannya yang jauh lebih luas daripada rumah kecil, sehingga terasa lebih lega. Jadi, Anda akan lebih leluasa bergerak di dalam rumah dan merasa lebih nyaman.

Area outdoor lebih besar

Biasanya, rumah berukuran besar juga memiliki area outdoor seperti taman atau pekarangan yang cukup lega. Hal ini pun bisa dimanfaatkan Anda dan keluarga untuk melakukan berbagai aktivitas di luar rumah, seperti berolahraga, bermain, hingga berkebun.

Ada ruang tambahan di rumah

Rumah besar umumnya memiliki beberapa area atau kamar yang kosong dan tidak terpakai. Area atau kamar tambahan ini bisa Anda gunakan sebagai area khusus untuk bekerja, belajar, bahkan untuk kamar bagi tamu yang datang menginap.

Cocok untuk keluarga besar

Jika Anda memiliki keluarga yang tergolong besar, problem utama yang kerap muncul di rumah adalah keterbatasan ruang yang dimiliki oleh para anggota keluarga sehingga harus saling berbagi. Dengan rumah besar, Anda dan anggota keluarga lainnya bisa tinggal dengan nyaman dan memiliki area personal sendiri-sendiri.

Baca Juga: 8 Trik Mengakali Plafon Rendah Supaya Terlihat Lebih Tinggi

Kekurangan Rumah Besar

Lebih banyak biaya yang dikeluarkan

Bukan rahasia lagi bila rumah berukuran besar tergolong mahal. Selain harga beli, rumah besar juga menuntut penggunaan listrik dan air yang lebih tinggi, sehingga akan membuat tagihan makin tinggi jika Anda tidak pintar berhemat.

Lebih banyak perawatan

Rumah yang besar memiliki area dan ruangan yang cukup luas pula. Artinya, Anda harus bekerja lebih ekstra untuk membersihkan dan merawat rumah. Memang, Anda bisa saja menyewa jasa kebersihan atau pembantu rumah tangga, tapi pilihan tersebut mungkin akan menambah pengeluaran.

Baca Juga: Hati-Hati, Ini Dia Penyebab Lantai Keramik Retak dan Pecah!

Banyak tempat tidak terpakai

Jika rumah yang besar dihuni oleh sedikit orang, maka akan ada banyak ruang atau tempat yang tidak terpakai sehingga terasa mubazir. Padahal, tenaga yang dikeluarkan untuk membersihkan ruang atau tempat tersebut sama saja dengan ruangan yang sering dipakai di rumah.

Mengurangi kedekatan keluarga

Ditinjau dari segi psikologis, rumah yang berukuran besar kadang dapat mengurangi kedekatan anggota keluarga, lo. Sebab, ukuran rumah yang besar akan membuat setiap anggota memiliki wilayah sendiri-sendiri, sehingga jarang berkumpul dan bercengkrama bersama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News