HOME, Keluarga

Hati-Hati, Ini Dia Penyebab Lantai Keramik Retak dan Pecah!

Hati-Hati, Ini Dia Penyebab Lantai Keramik Retak dan Pecah!

MOMSMONEY.ID - Lantai berbahan keramik yang retak dan pecah dapat menimbulkan berbagai masalah bagi pemilik rumah.

Sebab, lantai keramik yang retak dan pecah tidak hanya dapat merusak keindahan rumah. Namun, retakan dan pecahan keramik juga dapat menghasilkan patahan tajam yang membahayakan keselamatan penghuni rumah lainnya.

Pasalnya, selain merusak estetika rumah, keramik yang retak bisa pecah dan menimbulkan patahan tajam yang dapat membahayakan penghuni rumah. Jadi, Anda harus memastikan lantai di rumah terhindar dari hal-hal yang membuat keramik retak.

Nah, supaya kejadian tersebut tidak terulang lagi, Anda perlu mengetahui apa saja yang menyebabkan lantai keramik retak dan pecah. Dilansir dari The Spruce dan Creo House, berikut penjelasannya.

Baca Juga: 8 Trik Mengakali Plafon Rendah Supaya Terlihat Lebih Tinggi

Benturan keras

Jika lantai keramik retak pada suatu area yang terpusat, kemungkinan besar lantai tersebut terkena benturan keras dari barang yang berat.

Barang yang dimaksud bisa berupa panci, wajan, dumbbell, atau benda-benda berat lainnya.

Beban yang berat

Hampir sama seperti poin sebelumnya, lantai keramik bisa pecah jika dibebankan sesuatu yang berat seperti furnitur.

Lantai keramik yang terus-terusan memikul beban berat di atasnya bisa mengalami kelebihan beban dan membuat lantainya retak, terutama jika keramiknya berkualitas rendah.

Perekat yang tidak rata

Lantai keramik biasanya dipasang dengan cara menggunakan perekat pada bagian bawahnya.

Jika tidak diaplikasikan secara merata, akan ada rongga udara di antara lantai keramik dan bagian dasar lantai yang dapat memuai dan mengangkat keramik. Keramik yang terangkat tersebut pun akan mudah retak.

Baca Juga: 4 Tips Menata Balkon Rumah Supaya Cantik dan Nyaman Digunakan

Permukaan tanah yang turun

Beberapa lahan memiliki karakteristik tanah yang labil, sehingga mudah mengalami penurunan dan membuat lantai keramik di atasnya retak.

Di samping karakteristik tanahnya sendiri, pengambilan air tanah yang berlebihan juga dapat menyebabkan permukaan tanah turun.

Getaran kuat

Getaran kuat yang terus-menerus seperti gempa bumi umumnya dapat membuat lantai keramik retak.

Selain itu, jika rumah Anda berada di samping jalan raya, aktivitas lalu-lintas yang terjadi secara terus-menerus dapat menimbulkan getaran konstan yang membuat keramik retak, apalagi jika jalan tersebut kerap dilalui kendaraan berat seperti truk.

Perubahan suhu ekstrim

Contoh perubahan suhu ekstrim yang terjadi pada suatu ruangan adalah ketika Anda menyalakan AC untuk mendinginkan ruangan yang panas.

Perubahan suhu dari panas ke dingin yang terjadi secara cepat dan terus-menerus dapat menyebabkan perekat pada keramik penyusut, sehingga keramik mengalami popping (terangkat) dan mudah retak.

Nah, itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan keramik lantai di rumah retak dan pecah. Semoga penjelasan di atas bermanfaat, ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News