HOME, Keluarga

8 Trik Mengakali Plafon Rendah Supaya Terlihat Lebih Tinggi

8 Trik Mengakali Plafon Rendah Supaya Terlihat Lebih Tinggi

MOMSMONEY.ID - Tinggal di rumah dengan plafon yang rendah kadang terasa kurang menyenangkan.

Pasalnya, plafon rumah yang rendah dapat membuat interior rumah terkesan kecil dan sempit. Selain itu, plafon rendah kerap membuat udara terasa panas, sehingga mengurangi kenyamanan di rumah.

Jika Anda memiliki rumah dengan plafon rendah, ada beberapa trik sederhana yang bisa dilakukan supaya plafon rumah terlihat lebih tinggi. Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Baca Juga: 6 Tips Nyaman Tinggal di Rumah Kontrakan, Mudah Dilakukan!

Optimalkan pencahayaan

Selain membuat rumah terasa lebih besar, pencahayaan yang baik juga dapat membuat plafon rumah terkesan lebih tinggi.

Pencahayaan ini bisa dioptimalkan dengan berbagai cara, mulai dari membuka jendela lebar-lebar untuk pencahayaan alami, memasang lampu pada dinding, hingga menggunakan lampu plafon dengan desain unik.

Hiasi rumah dengan dekorasi yang tinggi

Dikutip dari Apartment Therapy, penggunaan dekorasi yang tinggi bisa membantu memberi kesan ruangan yang lebih tinggi pula.

Ada banyak dekorasi yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan efek ini, seperti tanaman hias, cermin, atau floor lamp.

Gunakan karpet dengan motif mencolok

Ingin mengalihkan pandangan Anda dari plafon yang rendah? Coba gelar karpet dengan motif yang mencolok di rumah, misalnya di ruang tamu atau ruang keluarga.

Motif karpet yang ramai dan mencolok akan membantu menfokuskan penghuni rumah ke lantai, sehingga tidak menyadari ketinggian plafon rumah yang rendah.

Pasang hiasan dinding

Memasang hiasan seperti artwork pada dinding juga bisa membantu mengaburkan persepsi terhadap ketinggian plafon rumah.

Kuncinya, pasang hiasan dinding pada ketinggian yang berbeda-beda supaya tidak terlihat monoton dan memberikan kesan yang menarik.

Baca Juga: Lantai Masih Terasa Kotor Setelah Dipel? Mungkin Ini Penyebabnya

Gunakan wallpaper bermotif garis vertikal

Dilansir dari Homedit, motif garis-garis vertikal pada dinding merupakan cara klasik untuk membuat plafon rumah tampak lebih tinggi. Anda dapat menggunakan wallpaper maupun mengecat dinding dengan motif garis-garis.

Pasang rel gorden lebih tinggi dari jendela

Rel gorden tak hanya berfungsi sebagai tempat menggantungkan gorden atau tirai, tapi juga bermanfaat untuk menciptakan ilusi ruangan yang lebih tinggi. Caranya, pasang rel gorden di posisi yang lebih tinggi dari jendela, lalu gunakan gorden yang panjang dan menyentuh lantai.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Weighted Blanket Lokal yang Berkualitas dan Nyaman

Gunakan furnitur yang rendah

Melansir penjelasan dari Homes and Gardens, penggunaan furnitur yang rendah akan menciptakan banyak ruang kosong pada dinding rumah. Hasilnya, dinding dan plafon rumah akan terlihat lebih tinggi dan lega.

Gunakan gaya minimalis

Gaya dekorasi rumah yang minimalis akan membantu Anda mengurangi barang-barang yang tidak perlu di rumah, sehingga mengurangi kesan sempit dan sesak dari rumah berplafon rendah.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan warna-warna cat yang simpel pada seluruh bagian dinding dan plafon, misalnya warna putih dan krem.

Itulah beberapa trik yang bisa dilakukan untuk mengakali plafon rumah yang rendah. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News