HOME, Keluarga

Bagaimana Cara Merawat Lantai Vinyl? Simak Tipsnya Berikut Ini

Bagaimana Cara Merawat Lantai Vinyl? Simak Tipsnya Berikut Ini

MOMSMONEY.ID - Lantai vinyl merupakan salah satu jenis lantai yang kerap dipilih sebagai alternatif dari lantai keramik atau lantai kayu untuk suatu hunian.

Terbuat dari bahan polyvinyl chloride atau PVC, lantai vinyl cukup populer karena menawarkan beberapa keunggulan, seperti pemasangannya yang mudah, desain yang beragam, dan harga yang relatif terjangkau.

Sama seperti lantai dengan bahan lainnya, lantai vinyl juga perlu dirawat dengan baik untuk menjaga tampilannya. Jika lantainya terawat, rumah Anda juga akan terlihat nyaman dan menawan.

Nah, kira-kira apa saja yang bisa dilakukan untuk merawat lantai vinyl supaya selalu awet, tahan lama, dan tampil menarik? Menurut penjelasan dari laman Tarkett, Reader’s Digest, dan Bobvila, berikut tipsnya.

Baca Juga: Sebelum Pasang, Kenali Kelebihan dan Kekurangan Lantai Vinyl

Sapu dan pel secara rutin

Pada dasarnya, perawatan lantai vinyl tidak jauh berbeda dengan jenis lantai lainnya.

Untuk menjaga penampilannya, hal paling sederhana yang bisa dilakukan adalah menyapu dan mengepel lantai vinyl secara rutin.

Dengan menyapu dan mengepel lantai, kotoran dan debu yang menempel pada lantai akan tersingkir sehingga Anda akan merasa nyaman saat menginjak lantai. Jangan lupa, selalu sapu atau vacuum debu pada lantai terlebih dulu sebelum mengepelnya supaya lantai bersih sempurna.

Bersihkan noda di lantai dengan segera

Lantai rumah kerap menjadi “korban” dari berbagai aktivitas penghuni rumah, mulai dari terkena tumpahan makanan atau terkena air seni hewan peliharaan.

Jika dibiarkan, noda-noda tersebut bisa meninggalkan bekas yang sulit hilang, bahkan oleh bahan pembersih terkuat sekalipun. Noda yang membandel dan sulit hilang tentu akan mengurangi keindahan lantai vinyl di rumah.

Oleh karena itu, Anda wajib membersihkan noda-noda di lantai dengan segera untuk meminimalisir risiko munculnya bekas dari noda.

Baca Juga: Lantai Masih Terasa Kotor Setelah Dipel? Mungkin Ini Penyebabnya

Hindari alat dan produk pembersih yang keras

Salah satu kekurangan terbesar dari lantai vinyl adalah permukaannya yang rentan tergores. Goresan ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, termasuk penggunaan alat dan produk pembersih yang keras.

Jadi, selalu hindari penggunaan alat pembersih dengan sikat atau bulu yang keras. Selain itu, jangan gunakan produk pembersih dengan kandungan kimia yang keras. Selain menggores permukaan lantai, kandungan kimia pada produk pembersih tersebut bisa terserap masuk ke dalam lapisan lantai dan merusak tampilan lantai secara permanen.

Hindari gesekan dan goresan

Untuk menghindarkan lantai vinyl dari bekas gesekan dan goresan, cara termudah yang bisa dilakukan adalah tidak menggesek atau menggoreskan benda-benda langsung ke permukaan lantai vinyl.

Sebagai contoh, saat memindahkan furnitur di rumah, sebisa mungkin angkat furnitur tersebut dibandingkan dengan menggesernya. Jika memang perlu digeser, alasi furnitur tersebut dengan kain untuk membantu meminimalisir gesekan dengan lantai.

Itulah beberapa tips mudah untuk merawat lantai berbahan vinyl. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News