HOME, Keluarga

Sebelum Pasang, Kenali Kelebihan dan Kekurangan Lantai Vinyl

Sebelum Pasang, Kenali Kelebihan dan Kekurangan Lantai Vinyl

MOMSMONEY.ID - Saat ini, Anda bisa menemukan beragam bahan untuk lantai rumah. Ada lantai keramik yang simpel, lantai kayu yang hangat, hingga lantai marmer yang mewah.

Nah, dari berbagai jenis bahan lantai yang tersedia di pasaran, ada salah satu bahan yang menarik untuk diulas, yaitu lantai vinyl.

Terbuat dari bahan polyvinyl chloride atau PVC, lantai vinyl merupakan jenis lantai yang cukup populer karena menawarkan berbagai kelebihan. Misalnya, lantai vinyl tergolong mudah dipasang dan harganya cukup terjangkau.

Namun, di sisi lain, ada beberapa kekurangan dari lantai vinyl yang tidak boleh diabaikan begitu saja. Kelebihan dan kekurangan ini pun penting untuk dipertimbangkan supaya Anda tidak salah memilih jenis lantai. Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Baca Juga: Mengenal Desain Interior Biophilic, Cocok Bagi Penyuka Alam

Kelebihan Lantai Vinyl

Mudah dipasang

Dikutip dari Bobvila, pemasangan lantai vinyl tergolong mudah. Pasalnya, lantai vinyl cukup dipasang dengan cara menempelkan panel-panelnya di alas lantai dengan perekat khusus. Bahkan, saat ini sudah ada jenis lantai vinyl yang seperti stiker sehingga bisa dipasang sendiri tanpa bantuan tukang.

Harganya terjangkau

Karena termasuk bahan plastik, lantai vinyl memiliki harga yang cukup terjangkau dibandingkan dengan bahan lantai lainnya. Jadi, jika Anda memiliki budget atau anggaran yang terbatas saat membangun rumah, lantai vinyl bisa menjadi pilihan yang masuk akal.

Kuat dan tahan lama

Lantai vinyl memiliki daya tahan dan kekuatan yang cukup tinggi, sehingga Anda tidak perlu khawatir lantai jenis ini cepat rusak selama dirawat dengan benar. Selain itu, lantai vinyl juga tahan terhadap air, kelembapan, dan serangan rayap.

Banyak variasi desain

Lantai vinyl terkenal dengan desainnya yang sangat bervariasi. Bahkan, Anda bisa memilih lantai vinyl dengan desain yang menyerupai lantai kayu, batu, hingga keramik. Lantai vinyl pun bisa menjadi alternatif yang lebih murah jika Anda menginginkan lantai kayu dengan budget terbatas.

Baca Juga: 5 Kesalahan Menata Rumah Kecil, Bikin Sempit dan Tidak Nyaman

Kekurangan Lantai Vinyl

Sulit dibongkar

Seperti yang disebutkan pada beberapa poin sebelumnya, lantai vinyl biasanya dipasang dengan cara ditempelkan ke alasnya. Jadi, jika Anda ingin membongkar lantai vinyl, Anda harus berusaha keras melepas lantai vinyl karena perekatnya sangat kuat. Bahkan, alas lantainya bisa saja rusak karena bahan perekat tersebut.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Online Shop Dekorasi Rumah yang Elegan, Hadirkan Kesan Mewah!

Tidak ramah lingkungan

Bahan plastik pada lantai vinyl dikenal sebagai bahan yang tidak sustainable dan bisa mencemari lingkungan sekitar, sehingga tidak ramah lingkungan. Jadi, sebelum memasang lantai vinyl, pastikan Anda tidak akan tergoda untuk membongkar dan membuangnya dalam jangka waktu lama.

Mudah tergores

Dilansir dari laman Property Guru Malaysia, lantai vinyl memiliki permukaan yang empuk dan berlapis-lapis sehingga sangat mudah tergores. Untuk menghindari pemukaan lantai yang tergores, hindari menggeser-geser furnitur di atas lantai dan hindarkan lantai dari benda tajam.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan lantai vinyl yang perlu diketahui. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News