HOME, Keluarga

Tak Ingin Rumah Terlihat Norak? Hindari 6 Kesalahan Dekorasi Ini

Tak Ingin Rumah Terlihat Norak? Hindari 6 Kesalahan Dekorasi Ini

MOMSMONEY.ID - Mendekorasi rumah merupakan kegiatan yang cukup menyenangkan, terutama jika Anda ingin menghadirkan suasana yang berbeda di dalam rumah. Kegiatan dekorasi rumah pada dasarnya bertujuan untuk mempercantik rumah sehingga terlihat makin menawan.

Namun, kenyataannya tidak semua kegiatan dekorasi berhasil membuat rumah terlihat cantik. Jika tidak dilakukan dengan benar, rumah justru akan terlihat norak dan murahan, lo.

Jangan khawatir, hal tersebut bisa dihindari jika Anda tahu kesalahan dekorasi apa saja yang membuat rumah terlihat norak.

Ingin tahu kesalahan dekorasi apa saja yang dimaksud? Berikut penjelasannya.

Baca Juga: 10 Tips Mudah Memaksimalkan Pencahayaan di Rumah yang Suram, Yuk Coba!

Menggunakan suatu tema secara berlebihan

Menggunakan suatu tema dekorasi memang dapat membantu memberikan tampilan rumah yang cantik. Namun, jika dilakukan secara berlebihan, rumah  bisa-bisa terlihat norak dan tidak enak dipandang, lo.

Dilansir dari The Spruce, Anda bisa mengatasinya dengan menampilan tema dekorasi secara subtle atau sederhana. Misalnya, jika Anda ingin menggunakan tema laut, cukup gunakan pernak-pernik seperti kerang atau bintang laut dalam jumlah sedikit.

Pengaturan lampu yang buruk

Pencahayaan yang terlalu terang atau redup di suatu ruangan dapat memberikan kesan norak dan mengganggu pandangan. Oleh karena itu, Anda perlu menyesuaikan jenis lampu dengan ruangan yang akan ditempati lampu tersebut.

Misalnya, hindari lampu yang terlalu terang di kamar tidur dan lampu yang terlalu redup di ruang keluarga. Selain itu, gunakan lampu dengan jumlah yang secukupnya.

Membiarkan barang-barang berserakan

Jika melihat interior rumah di majalah-majalah, mungkin Anda merasakan kesan yang mahal walaupun rumah tersebut ditata dengan sederhana. Alasannya mudah saja, sebab ruangan tersebut ditata dengan rapi.

Jadi, supaya interior rumah Anda tidak terlihat murahan dan norak, jangan biarkan barang-barang berserakan di dalam rumah. Anda bisa menyimpan barang-barang tersebut di tempat yang rapi, atau menyingkiran barang yang tidak terpakai dengan metode decluttering.

Baca Juga: Mengenal Metode Decluttering, Cocok untuk Merapikan Rumah Minimalis!

Menggunakan dekorasi kata-kata motivasi

Anda suka dekorasi dengan motivational quotes atau kata-kata mutiara yang memotivasi? Jika ya, mungkin Anda perlu menyingkirkan dekorasi-dekorasi tersebut dari rumah.

Dikutip dari Family Handyman, dekorasi dengan kata-kata mutiara atau motivasi yang terlalu generik bukannya dapat mempercantik rumah, tapi justru bisa membuat rumah terasa norak dan kekanak-kanakan. Sebaiknya, pilihlah dekorasi yang lebih personal untuk memberi karakter pada rumah Anda.

Baca Juga: Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Membuat Air Mancur Minimalis di Rumah

Menggunakan dekorasi yang trendi

Menggunakan barang dekorasi tertentu dapat membuat rumah  terlihat trendy untuk sementara waktu. Namun, jika tren tersebut sudah lewat, rumah justru akan terlihat ketinggalan zaman dan norak.

Solusinya, Anda dapat menggunakan barang-barang yang terkesan klasik dan timeless. Dengan menggunakan barang timeless, tak perlu mengganti seluruh dekorasi rumah karena tidak mudah terlihat ketinggalan zaman.

Menggunakan terlalu banyak warna

Terakhir, hindari menggunakan terlalu banyak warna di satu ruangan sekaligus. Selain terlihat norak dan menyakiti pandangan, kesalahan ini juga akan membuat rumah terasa seperti sirkus.

Melansir Home Decor Setup, sebaiknya pilihlah 2-3 warna utama untuk suatu ruangan. Penggunaan warna yang terbatas akan membantu menciptakan tampilan ruangan yang lebih serasi dan lebih enak dipandang.

Itulah beberapa kesalahan dekorasi yang dapat membuat rumah terlihat norak. Yuk, hindari kesalahan tersebut supaya interior rumah Anda senantiasa tampil cantik dan nyaman ditempati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News