HOME, Keluarga

Mengenal Metode Decluttering, Cocok untuk Merapikan Rumah Minimalis!

Mengenal Metode Decluttering, Cocok untuk Merapikan Rumah Minimalis!

MOMSMONEY.ID - Tinggal di rumah yang berantakan dan dipenuhi dengan barang-barang berserakan merupakan hal terakhir yang diinginkan setiap orang, terutama pemilik rumah minimalis.

Sebab, rumah minimalis mengedepankan penampilan rumah yang simpel dan rapi tanpa keberadaan banyak barang. Jadi, rumah minimalis harus terbebas dari kesan berantakan.

Nah, supaya rumah minimalis Anda selalu tampil rapi, ada satu metode yang bisa Anda gunakan, yaitu decluttering.

Apa itu metode decluttering, dan bagaimana cara melakukannya? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Baca Juga: 6 Benda di Kamar Tidur Ini Mudah Kotor, Perlu Rutin Dibersihkan!

Apa itu decluttering?

Mengutip laman Waste4Change, decluttering adalah kegiatan menyingkirkan barang-barang yang tidak terpakai dan tidak berguna (clutter) yang memenuhi rumah kita.

Jadi, pada dasarnya, decluttering tidak hanya sekadar merapikan rumah atau menyimpan barang-barang yang tidak terpakai, tapi juga menyingkirkannya dari rumah.

Istilah decluttering mulai banyak dikenal seiring dengan kepopuleran Marie Kondo dan bukunya yang berjudul The Lifechanging Magic of Tidying Up.

Dalam buku tersebut, Marie Kondo menjelaskan decluttering sebagai aktivitas menyingkirkan barang-barang yang tidak “sparking joy” atau “memunculkan kebahagiaan”.

Apa manfaat melakukan decluttering?

Salah satu manfaat utama melakukan decluttering adalah membuat rumah terasa lebih bersih, rapi, dan lega. Rumah Anda pun akan terasa makin nyaman.

Di sisi lain, ternyata decluttering juga bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental Anda, lo. Dikutip dari WebMD, berikut beberapa manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan saat melakukan decluttering:

  • Menurunkan stres, karena tidak harus sering-sering melihat dan membersihkan rumah yang berantakan.
  • Memperbaiki fokus, karena rumah yang berantakan membuat Anda sulit fokus, terutama saat sedang mengerjakan sesuatu atau mencari barang tertentu.
  • Menurunkan risiko asma dan alergi yang disebabkan oleh tumpukan debu pada barang-barang yang berceceran dan menumpuk di mana-mana.
  • Memperbaiki gaya hidup dan membuat Anda melakukan kegiatan sehari-hari di rumah dengan lebih efektif.

Baca Juga: Ini Area Terbaik untuk Meletakkan Tanaman Hias di Rumah Menurut Feng Shui

Bagaimana cara melakukan decluttering?

Nah, setelah mengetahui apa itu decluttering dan apa manfaatnya, sekarang bagaimana caranya melakukan decluttering?

Dilansir dari laman Becoming Minimalist, Anda bisa mulai melakukan decluttering dari hal-hal yang kecil dulu, misalnya merapikan suatu tempat selama 5 menit per hari. Hal ini akan membantu membentuk kebiasaan decluttering sehingga tidak terasa memberatkan.

Selain itu, berikut beberapa tips mudah yang bisa dilakukan dalam decluttering:

  • Singkirkan satu barang tidak terpakai di rumah Anda setiap hari.
  • Buat daftar atau checklist mengenai barang-barang yang perlu disingkirkan di rumah Anda, atau lokasi yang perlu dirapikan terlebih dahulu.
  • Siapkan beberapa kotak dengan kategori berbeda, misalnya kotak untuk sampah, kotak untuk barang yang akan disumbangkan, kotak untuk barang yang akan disimpan, hingga kotak untuk barang yang masih bisa diperbaiki.
  • Jangan ragu untuk meminta bantuan dari teman atau keluarga untuk melakukan decluttering.

Itulah hal-hal yang perlu Anda ketahui soal decluttering. Bagaimana, ingin menggunakan cara ini untuk merapikan rumah Anda?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News