HOME, Keluarga

6 Benda di Kamar Tidur Ini Mudah Kotor, Perlu Rutin Dibersihkan!

6 Benda di Kamar Tidur Ini Mudah Kotor, Perlu Rutin Dibersihkan!

MOMSMONEY.ID - Kamar tidur memang merupakan tempat pribadi sehingga tidak digunakan oleh banyak orang sekaligus, tapi bukan berarti kamar tidur jauh lebih bersih daripada ruangan lainnya di rumah.

Pasalnya, ada beberapa benda di kamar tidur yang justru mudah kotor. Jika dibiarkan, kamar tidur Anda tentu tidak akan nyaman ditempati dan berisiko menjadi sumber penyakit.

Nah, kira-kira benda-benda apa saja di dalam kamar tidur yang lebih mudah kotor dari dugaan kita? Berikut penjelasannya.

Baca Juga: Ini Benda-Benda yang Mudah Kotor di Ruang Keluarga, Yuk Rajin Bersihkan!

Sarung bantal

Mengutip Insider, sarung bantal merupakan salah satu benda yang paling kotor di rumah Anda. Sebab, di permukaan sarung bantal terdapat jutaan sel kulit mati, minyak alami tubuh, tungau, debu, dan masih banyak lagi.

Jadi, sarung bantal mudah sekali menjadi sarang penyakit dan berdampak buruk pada kulit. Sebaiknya, cuci dan ganti sarung bantal seminggu sekali untuk mengurangi risiko-risiko tersebut.

Kasur dan sprei

Sama seperti sarung bantal, kasur dan sprei dapat menjadi tempat penumpukan sel kulit mati, debu, hingga tungau. Melansir laman OverSixty.com, bahkan ada sekitar 1,5 juta tungau di kasur. Jadi, pastikan Anda membersihkan kasur secara rutin dan mengganti sprei setiap beberapa minggu sekali.

Karpet

Jika menggunakan karpet di kamar tidur, maka kemungkinan besar karpet tersebut mudah menjadi sarang debu dan kotoran lainnya. Hal ini tentu akan mengganggu kenyamanan Anda saat berada di atas karpet tersebut. Bersihkan debu di karpet dengan vacuum cleaner seminggu sekali dan cuci bersih setiap beberapa bulan.

Baca Juga: Cantik dan Lembut, Ini 5 Tips Menggunakan Warna Pastel untuk Dekorasi Rumah

Pegangan pintu

Walaupun selalu disentuh saat akan keluar dan masuk kamar, ternyata tidak banyak orang yang rajin membersihkan pegangan pintu. Dikutip dari The Spruce, Anda perlu sesekali membersihkan pegangan pintu untuk menyingkirkan debu, kotoran, kuman, serta bakteri yang mungkin saja menempel di pegangan pintu tersebut.

Baca Juga: 6 Tips Menata Hiasan Dinding di Rumah, Dijamin Terlihat Estetis!

Tirai jendela

Tirai jendela gulung atau kain sama-sama dapat menjadi tempat penumpukan debu dan kotoran. Hal ini tentu membuat debu mudah beterbangan di udara, sehingga menurunkan kualitas udara di dalam kamar. Sebaiknya, bersihkan atau cuci tirai jendela jika sudah mulai terlihat kotor, beberapa bulan sekali.

Saklar lampu

Sama seperti pegangan pintu, saklar lampu adalah salah satu benda yang kerap disentuh di dalam kamar, tapi hampir tidak pernah dibersihkan. Cukup bersihkan saklar lampu Anda dengan kain bersih dan cairan pembersih yang aman untuk menyingkirkan kotoran yang menempel di saklar tersebut.

Nah, itulah beberapa contoh benda yang secara tak terduga mudah kotor di rumah. Yuk, mulai perhatikan kebersihan kamar Anda supaya momen beristirahat semakin nyaman!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News