ads

Cantik dan Lembut, Ini 5 Tips Menggunakan Warna Pastel untuk Dekorasi Rumah

Reporter: Kania Paramahita
Rabu, 09 Maret 2022 | 14:07 WIB
Cantik dan Lembut, Ini 5 Tips Menggunakan Warna Pastel untuk Dekorasi Rumah

ILUSTRASI. Berikut tips mudah untuk menggunakan warna pastel pada dekorasi rumah Anda.


MOMSMONEY.ID - Dalam mendekorasi rumah, orang-orang terkadang menggunakan warna-warna yang termasuk dalam kelompok warna tertentu, seperti warna netral, warna cerah, warna earthy, hingga warna pastel.

Dari beragam kelompok warna yang ada, kelompok warna pastel termasuk cukup populer, terutama di kalangan perempuan. Pasalnya, warna-warna pastel memiliki karakteristik yang simpel dan lembut sehingga terlihat cantik.

Karena terlihat cantik itulah, warna pastel kerap digunakan untuk dekorasi interior rumah. Penggunaannya sangat beragam, mulai dari warna cat dinding, furnitur, hingga pernak-pernik rumah.

Baca Juga: Suka Warna Pink? Ini Tips Menggunakannya di Dekorasi Rumah

Nah, supaya rumah Anda terlihat cantik dan lembut dengan warna pastel, penggunaannya pun perlu diperhatikan dengan cermat. Yuk, simak tips menggunakan warna pastel pada dekorasi rumah berikut ini!

Gunakan di area yang perlu ketenangan

Warna pastel yang lembut memang terkenal dapat memberi kesan yang kalem dan menenangkan. Oleh karena itu, warna-warna pastel sangat cocok digunakan untuk ruangan atau area yang memerlukan kesan tenang dan nyaman.

Mengutip My Move, beberapa ruangan yang direkomendasikan adalah kamar mandi, kamar tidur, dan ruang keluarga. Jika penggunaan warna pastel dirasa terlalu feminin, tambahkan warna-warna gelap sebagai penyeimbang.

Pasangkan dengan material kayu

Warna pastel sangat cocok dikombinasikan dengan material kayu, misalnya pada furnitur, lantai, hingga pernak-pernik ruangan lainnya.

Supaya terlihat makin cantik, pilihlah material kayu berwarna terang dan cerah untuk dipadukan dengan warna pastel yang lembut.

Baca Juga: 8 Tips Menggunakan Warna Putih untuk Interior Rumah yang Menawan

Pasangkan dengan warna putih

Sebagai warna yang tergolong simpel dan lembut, kenyataannya penggunaan warna pastel yang berlebihan di suatu ruangan bisa terasa kurang mengenakkan.

Untuk mengatasinya, Decoist menyarankan Anda untuk memasangkan warna-warna pastel dengan warna putih. Warna yang satu ini memang tergolong netral dan bersih, sehingga akan membantu mengimbangi dan menonjolkan keberadaan warna pastel di rumah Anda.

Baca Juga: 6 Tips Menata Hiasan Dinding di Rumah, Dijamin Terlihat Estetis!

Kombinasikan dengan warna mencolok

Ingin kesan yang sedikit lebih berani? Coba kombinasikan warna pastel dengan warna-warna yang mencolok sebagai pernak-pernik dalam jumlah kecil.

Misalnya, di ruangan yang didominasi dengan warna biru dan pink pastel, sentuhan warna pink neon yang mencolok akan membantu menambahkan variasi warna yang unik. Atau, di ruangan yang didominasi dengan warna kuning dan biru pastel, penambahan furnitur atau dekorasi berwarna hijau limau atau lime green tentu akan terlihat menarik.

Gunakan sebagai aksen

Dikutip dari Home Lane, Anda dapat menggunakan warna pastel sebagai warna aksen, terutama di ruangan yang sudah didominasi dengan warna-warna netral.

Untuk menghadirkan warna pastel sebagai aksen, cukup gunakan benda berwarna pastel seperti furnitur atau dekorasi lainnya di rumah Anda. Jika Anda ingin sesuatu yang berbeda, gunakan furnitur atau dekorasi berukuran besar supaya menjadi pusat perhatian di rumah.

Itulah tips untuk mendekorasi rumah dengan warna pastel. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Kania Paramahita

Terbaru
TERPOPULER