HOME, Keluarga

Ini Benda-Benda yang Mudah Kotor di Ruang Keluarga, Yuk Rajin Bersihkan!

Ini Benda-Benda yang Mudah Kotor di Ruang Keluarga, Yuk Rajin Bersihkan!

MOMSMONEY.ID - Ruang keluarga adalah salah satu area di rumah yang digunakan bersama oleh seluruh anggota keluarga.

Artinya, setiap barang di ruang keluarga akan rentan terkena kontak dari banyak orang sehingga mudah menjadi kotor.

Sayangnya, banyak orang yang tidak menyadari hal tersebut. Bahkan, ada beberapa benda di ruang keluarga yang sebenarnya jauh lebih kotor dari dugaan Anda, lo.

Jika tidak rajin dibersihkan, benda-benda tersebut tentu dapat mengotori rumah dan menjadi sumber penyebaran penyakit. Jadi, yuk ketahui apa saja benda-benda yang rentan kotor di ruang keluarga!

Baca Juga: Dari Pintu Lipat Hingga Geser, Kenali Beragam Model Pintu untuk Rumah Anda

Remot TV dan konsol gim

Dikutip dari The Spruce, remot TV dan konsol gim adalah dua dari sekian banyak benda di ruang keluarga yang sering disentuh berkali-kali dalam satu hari, sehingga sangat mudah kotor dan menjadi sarang kuman. Jadi, pastikan Anda sesekali membersihkan remot TV, konsol gim, atau alat elektronik lainnya.

Bantal sofa

Di ruang keluarga, bantal sofa kerap menjadi alas duduk, penyangga tubuh saat duduk, alas kepala untuk tidur, hingga menjadi tempat tidur bagi hewan peliharaan. Oleh karena itu, bantal sofa juga rentan kotor dan menjadi sarang kuman. Cucilah sarung bantal sofa Anda beberapa minggu sekali sehingga selalu segar dan bersih.

Sofa

Selain diduduki, sofa di ruang keluarga juga kerap terkena tumpahan makanan, minuman, atau noda-noda lainnya sehingga mudah kotor. Dilansir dari Apartment Therapy, selalu bersihkan sofa dan kursi segera setelah terkena noda supaya sofa tidak mudah kotor. Anda juga dapat menyewa jasa kebersihan profesional untuk membantu membersihkan sofa secara menyeluruh.

Baca Juga: Bahaya, Produk Kebersihan Rumah Ini Tidak Boleh Dicampur!

Meja

Permukaan meja di ruang keluarga kerap menjadi sarang kotoran dan kuman karena sering digunakan sebagai tempat menyandarkan kaki atau bagian tubuh lainnya. Untuk membersihkannya, lap permukaan meja (dan kaki-kakinya) dengan kain bersih dan disinfektan yang aman digunakan pada meja Anda.

Gorden

Melansir bhg.com, gorden atau tirai di ruang keluarga dapat menjadi tempat penumpukan debu dan kotoran lainnya, sehingga rentan mengotori udara dan mengganggu pernapasan. Jangan lupa untuk melepaskan gorden dan membersihkannya dengan rutin, baik secara manual maupun menggunakan mesin cuci.

Baca Juga: Banyak Polusi Udara di Rumah? Ini Tips Mengatasinya

Kipas angin

Sama seperti gorden, kipas angin di ruang keluarga Anda mudah sekali menjadi tempat penumpukan debu dan kotoran, terutama kipas angin yang dipasang di plafon. Jika dibiarkan, kipas angin tersebut dapat menyebarkan debu ke seluruh ruangan jika dinyalakan. Jadi, bersihkan baling-baling kipas angin secara rutin.

Tanaman hias

Walaupun banyak tanaman hias yang ampuh membersihkan udara di rumah, kenyataannya tanaman hias perlu dibersihkan secara rutin karena mudah berdebu. Cukup lap daun-daun tanaman dan potnya dengan kain bersih yang sedikit dibasahi untuk membersihkannya. Tanaman hias Anda pun akan terlihat makin segar.

Itulah beberapa benda yang mudah kotor di ruang keluarga. Yuk, mulai bersihkan benda-benda tersebut secara rutin supaya ruang keluarga Anda tidak menjadi sumber penyebaran penyakit!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News