HOME, Keluarga

Banyak Polusi Udara di Rumah? Ini Tips Mengatasinya

Banyak Polusi Udara di Rumah? Ini Tips Mengatasinya

MOMSMONEY.ID - Bagi masyarakat yang tinggal di daerah industri dan perkotaan, polusi udara sudah menjadi masalah yang dihadapi sehari-hari.

Tak hanya di luar rumah, polusi udara juga bisa terjadi di dalam rumah, lo. Polusi udara di dalam rumah biasanya disebabkan oleh kompor gas, jamur, penggunaan produk kebersihan, asap pembakaran, hingga asap rokok.

Melansir laman resmi World Health Organization (WHO), dampak polusi udara terhadap kesehatan termasuk sangat serius. Bahkan, sepertiga dari kematian akibat stroke, kanker paru-paru, dan penyakit jantung disebabkan oleh polusi udara.

Jadi, polusi udara bukanlah sesuatu yang bisa diabaikan begitu saja, terutama di dalam rumah. Namun, bagaimana caranya mengurangi polusi udara di rumah?

Baca Juga: Udara di Rumah Terasa Lembap? Begini 5 Cara Menguranginya

Jangan khawatir, caranya tidak sulit kok. Yuk, simak tipsnya berikut ini!

Buka jendela rumah lebar-lebar

Salah satu cara termudah untuk mengurangi polusi udara di rumah adalah dengan membuka jendela rumah lebar-lebar.

Dikutip dari Good Housekeeping, membuka jendela akan menyebabkan sirkulasi udara di rumah mengalir dengan lancar. Hal ini akan membantu menurunkan polusi di dalam rumah, terutama jika Anda baru saja memasak atau menggunakan benda-benda seperti produk pembersih dengan bahan kimia.

Jangan merokok di dalam rumah

Asap rokok merupakan salah satu jenis polutan udara yang umum dijumpai. Menurut National Health Service UK (NHS), asap rokok mengandung lebih dari 4.000 bahan kimia beracun yang berbahaya jika terhirup.

Jadi, untuk mengurangi polusi udara di dalam rumah, berhenti merokok di dalam rumah. Jika rumah Anda telanjur berbau asap rokok, buka jendela secara rutin untuk melancarkan sirkulasi udara.

Baca Juga: 5 Tips Merawat Kolam Ikan, Bikin Rumah Selalu Tampak Segar

Kurangi penggunaan karpet

Jangan salah, karpet ternyata juga dapat menyebabkan polusi udara di dalam rumah, lo. Bulu karpet yang padat dan halus dapat memerangkap berbagai partikel udara, mulai dari debu, bulu hewan, hingga bakteri.

Selain mengurangi penggunaan karpet, Anda bisa menggunakan vacuum cleaner dengan HEPA filter sehingga kotoran yang tersedot tidak terbuang kembali. Udara di dalam rumah pun akan lebih bersih.

Baca Juga: Mengenal Pajangan Lucky Cat, Apa Maknanya dalam Feng Shui?

Gunakan exhaust fan

Mengutip Consumer Reports, penggunaan exhaust fan di dapur dapat membantu mengurangi polusi udara yang disebabkan oleh asap saat memasak makanan.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan exhaust fan di dalam kamar mandi untuk membantu mengurangi kelembapan udara yang disebabkan oleh embun air saat mandi. Jadi, tak hanya mengurangi polusi, kelembapan udara di dalam rumah juga akan lebih terjaga.

Gunakan air purifier

Untuk membantu mengurangi polusi di rumah, Anda dapat menggunakan air purifier. Alat yang satu ini didesain untuk membantu menyedot dan memerangkap berbagai jenis polutan dan alergen di udara, mulai dari debu, bakteri, hingga asap.

Dilansir dari The Conversation, Anda juga dapat menggunakan tanaman hias sebagai air purifier alami. Beberapa jenis tanaman hias seperti spider plant dan lidah mertua dapat membantu menurunkan tingkat polusi di dalam rumah, sehingga udara akan lebih bersih dan sehat.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi polusi udara di dalam rumah. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News