HOME, Keluarga

6 Tips Menata Hiasan Dinding di Rumah, Dijamin Terlihat Estetis!

6 Tips Menata Hiasan Dinding di Rumah, Dijamin Terlihat Estetis!

MOMSMONEY.ID - Untuk mengisi dinding rumah yang kosong, biasanya kita memajang berbagai jenis hiasan dinding  seperti foto, lukisan, hingga poster.

Sama seperti dekorasi rumah lainnya, hiasan dinding tersebut perlu ditata dengan baik supaya dinding rumah bisa terlihat cantik dan estetis.

Namun, tidak semua orang paham pentingnya penataan hiasan dinding yang baik sehingga dinding rumah terlihat biasa-biasa saja.

Nah, jika Anda ingin hiasan dinding di rumah terlihat rapi dan estetis, yuk simak tipsnya berikut ini!

Baca Juga: Dipercaya Bawa Hoki, Ini 6 Pajangan Rumah yang DIsukai dalam Feng Shui

Rencanakan dengan baik

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat menata hiasan dinding, lebih baik Anda merencanakan penataannya terlebih dahulu.

Dikutip dari bhg.com, Anda dapat menggunakan kertas bekas yang dipotong seukuran hiasan dinding yang akan dipasang, lalu tempelkan di dinding dengan selotip kertas untuk membantu membayangkan penataan hiasan dinding yang tepat sebelum benar-benar memasang hiasan tersebut.

Sesuaikan dengan tema interior

Selanjutnya, Anda perlu menyesuaikan penataan hiasan dinding dengan tema interior rumah Anda. Misalnya, jika rumah Anda menggunakan gaya formal atau tradisional, coba tata hiasan dinding secara simetris. Jika rumah Anda cenderung modern, penataan yang terkesan asimetris lebih cocok digunakan.

Pertimbangkan warna dinding

Melansir The Spruce, warna dinding rumah Anda ternyata mempengaruhi tampilan hiasan dinding ketika sudah dipajang. Supaya hiasan dinding terlihat menonjol, gunakan warna cat dinding yang terkesan netral dan bersih, misalnya warna putih.

Baca Juga: 8 Tips Menggunakan Warna Putih untuk Interior Rumah yang Menawan

Ciptakan keseimbangan visual

Salah satu kunci utama untuk menciptakan rumah yang cantik adalah keseimbangan visual. Jadi, jika Anda memasang hiasan dinding dengan beragam ukuran, pastikan penataannya terlihat seimbang sehingga tidak “berat sebelah” dan tetap enak dilihat. Jangan takut untuk mencampur hiasan dinding berukuran besar dan kecil atau berbentuk horizontal dan vertikal sekaligus.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Pajangan yang Cocok untuk Rumah Bergaya Vintage

Optimalkan pencahayaan

Pencahayaan yang baik akan membantu menonjolkan hiasan dinding sehingga nyaman dipandang. Dilansir dari laman Tomo Studio, Anda bisa menempatkan hiasan dinding di area rumah yang banyak mendapatkan cahaya atau memasang lampu-lampu kecil di sekitar hiasan dinding tersebut untuk memberi kesan kalem dan cantik.

Jangan ditata berlebihan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, keseimbangan visual adalah kunci tampilan dinding rumah yang cantik. Jadi, jika satu sisi dinding suatu ruangan memiliki hiasan dinding mencolok, hindari menambahkan hiasan pada sisi dinding lainnya. Selain terlihat berlebihan, kedua sisi dinding tersebut akan membuat ruangan terasa ramai.

Itulah beberapa tips untuk menata hiasan dinding di rumah Anda. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda, dan selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News