HOME, Keluarga

Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Membuat Air Mancur Minimalis di Rumah

Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Membuat Air Mancur Minimalis di Rumah

MOMSMONEY.ID - Banyak rumah-rumah di Indonesia yang memiliki air mancur, terutama rumah yang memiliki kolam ikan.

Air mancur memang banyak digunakan untuk memberikan efek suara air yang menenangkan, sehingga cocok didengarkan sambil bersantai di rumah.

Nah, jika Anda tertarik untuk membuat air mancur minimalis di rumah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya air mancur dapat berfungsi maksimal sekaligus mempercantik rumah. Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Baca Juga: 5 Tips Menata Tanaman di Taman Rumah, Dijamin Tampil Cantik!

Tentukan lokasi yang tepat

Walaupun terdengar sepele, lokasi sebenarnya sangat berpengaruh pada fungsi air mancur di rumah Anda. Mengutip Outdoor Fountain Pros, pemilihan lokasi ini bisa didasarkan pada lokasi kolam ikan (jika ada) dan bagaimana Anda ingin melihat air mancur setiap hari.

Selain itu, perhatikan juga area di sekitar lokasi air mancur. Pastikan area tersebut bersih dan tidak ada barang-barang berbahaya, serta dekat dengan sumber daya dan air untuk memberi tenaga pada air mancur Anda.

Tentukan desain dan gaya air mancur

Desain dan gaya air mancur yang Anda pilih sangat menentukan tampilan akhir air mancur tersebut. Dilansir dari getpond.com, pastikan desain dan gaya air mancur pilihan Anda cocok dengan desain dan gaya rumah, sehingga keduanya akan saling melengkapi dan terlihat serasi.

Ada banyak sekali gaya air mancur yang bisa Anda pilih, seperti gaya modern, klasik, hingga kasual. Setiap gaya air mancur menggunakan material dan desain yang berbeda-beda, jadi penting untuk memilih gaya dan desain yang tepat.

Baca Juga: Ada Banyak Sinar Matahari di Rumah? Ini Cara Memanfaatkannya

Pilih material yang tepat

Sedikit berhubungan dengan poin sebelumnya, pemilihan material yang tepat akan menentukan tampilan akhir dan gaya air mancur di rumah Anda.

Dikutip dari FM Lighting Electrical, ada beberapa material yang biasanya digunakan untuk membuat air mancur, seperti semen, batu, logam, marmer, keramik, kaca, dan masih banyak lagi.

Setiap material memiliki karakteristik, ketahanan, dan cara perawatan yang berbeda-beda, sehingga Anda perlu paham kebutuhan di rumah sebelum memilih material yang tepat.

Baca Juga: Bikin Rumah Makin Asri, Ini Tips Menata Tanaman Hias Pot di Teras

Sesuaikan dengan budget

Ketika merencanakan untuk membuat air mancur, Anda perlu mempertimbangkan anggaran atau budget yang Anda miliki.

Menurut JK Landscape, sebaiknya Anda mempertimbangkan banyak faktor saat menentukan anggaran. Biaya material dan pembuatan air mancur memang penting, tapi Anda juga perlu memperhatikan biaya perawatan air mancur, ditambah pengeluaran tak terduga lainnya.

Dengan mempertimbangkan hal-hal tersebut, Anda dapat menyesuaikan anggaran untuk mendapatkan air mancur yang cocok dengan selera tanpa mengorbankan banyak hal.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat air mancur minimalis di rumah. Semoga tips di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News