HOME, Keluarga

5 Tips Menata Tanaman di Taman Rumah, Dijamin Tampil Cantik!

5 Tips Menata Tanaman di Taman Rumah, Dijamin Tampil Cantik!

MOMSMONEY.ID - Memiliki taman yang ditata dengan rapi dan cantik merupakan impian setiap pemilik rumah karena mampu mempercantik eksterior rumah.

Untuk mewujudkan taman yang indah tersebut, tentu Anda perlu merencanakan atau memperhitungkan penataan setiap komponen taman dengan baik.

Salah satu komponen utama yang wajib ada di suatu taman adalah tanaman itu sendiri. Jadi, dengan penataan tanaman yang baik, taman Anda akan terlihat lebih cantik.

Nah, bagaimana caranya menata tanaman di taman rumah? Berikut tips mudah yang bisa Anda ikuti.

Baca Juga: Cara Mudah Menghadirkan Elemen Feng Shui di Taman Rumah, Seperti Apa?

Buat peta taman Anda

Sebelum mulai menata tanaman, pertama-tama buatlah peta atau gambaran kasar mengenai lahan yang akan digunakan sebagai taman.

Dikutip dari Planet Natural, Anda dapat membuat peta sederhana yang menggambarkan taman Anda. Gambarlah setiap hal yang ada di taman Anda, misalnya pohon, semak, atau pernak-pernik seperti kolam ikan atau air mancur.

Selain itu, perhatikan intensitas sinar matahari di taman Anda. Perhatikan area mana saja yang menerima sinar matahari secara langsung, dan area mana saja yang cenderung lebih teduh. Hal ini akan membantu Anda menentukan tanaman apa yang cocok ditempatkan di area-area tersebut.

Tentukan tema yang diinginkan

Selanjutnya, tentukan tema apa yang ingin Anda gunakan pada taman: gaya Jepang, klasik, tropis, atau gaya lainnya?

Dengan menentukan tema atau kegunaan taman, Anda dapat menentukan jenis tanaman dan pernak-pernik apa saja yang perlu disiapkan, sehingga akan menghemat waktu dan tenaga.

Baca Juga: Menurut Feng Shui, Ini 4 Area Terbaik untuk Menempatkan Cermin di Rumah

Kelompokkan tanaman dengan tampilan yang mirip

Jika Anda berencana untuk menggunakan beragam jenis tanaman, salah satu masalah yang kerap muncul adalah bagaimana caranya mengelompokkan tanaman tersebut supaya terlihat serasi.

Melansir The Spruce, salah satu trik simpel yang bisa Anda gunakan dalah mengelompokkan tanaman-tanaman dengan tampilan yang mirip. Anda bisa mengelompokkan dalam jumlah 3 atau 5 tanaman untuk memberi kesan rimbun.

Baca Juga: Klasik dan Romantis, Kenali 6 Elemen Taman Rumah Bergaya English Cottage

Kombinasikan tanaman daun dan bunga

Jika Anda ingin menggunakan tanaman berbunga di taman rumah, usahakan untuk tidak membuatnya mendominasi penampilan taman Anda.

Cobalah untuk mengombinasikan tanaman berbunga dengan tanaman daun. Hal ini akan membantu memberi variasi tekstur dan warna di taman Anda, sehingga taman akan semakin menarik secara visual.

Kelompokkan tanaman dengan kebutuhan yang sama

Salah satu trik penataan taman yang bisa Anda lakukan adalah mengelompokkan tanaman dengan kebutuhan yang hampir sama.

Misalnya, Anda dapat mengelompokkan tanaman yang membutuhkan sinar matahari langsung di suatu area dan tanaman yang membutuhkan tempat teduh di area lainnya. Atau, pisahkan tanaman yang butuh banyak air dengan tanaman yang butuh sedikit air.

Pengelompokkan tanaman seperti ini akan memudahkan Anda dalam merawat taman rumah, sehingga perawatan taman akan lebih efisien dan tidak merepotkan.

Itulah beberapa tips mudah untuk menata tanaman di taman rumah. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News