HOME, Keluarga

Klasik dan Romantis, Kenali 6 Elemen Taman Rumah Bergaya English Cottage

Klasik dan Romantis, Kenali 6 Elemen Taman Rumah Bergaya English Cottage

MOMSMONEY.ID - Sama seperti interior rumah, taman juga memiliki beragam gaya dengan karakteristik dan ciri-ciri yang khas.

Setiap gaya taman tersebut memiliki kesan yang berbeda-beda. Ada taman yang terlihat simpel, modern, menenangkan, hingga klasik. Bahkan, dengan penataan tertentu, taman rumah Anda bisa terlihat romantis.

Nah, jika Anda ingin menghadirkan kesan klasik sekaligus romantis di taman rumah, Anda bisa menggunakan gaya taman English cottage.

Baca Juga: Mengenal Simbol Ikan Koi dalam Feng Shui, Apa Saja Maknanya?

Dikutip dari Forbes Advisor, taman bergaya English cottage terinspirasi dari taman yang ada di rumah-rumah pedesaan Inggris. Taman ini identik dengan susunan tanaman yang rimbun dan ditata dengan apik.

Kira-kira, apa saja karakteristik dan ciri khas lainnya dari taman bergaya English cottage? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Pagar yang rendah

Mengutip Fine Gardening, pagar kayu atau batu yang rendah di taman bergaya English cottage tadinya digunakan untuk melindungi taman dari hewan-hewan pemakan tanaman.

Saat ini, pagar di taman English cottage memiliki fungsi tambahan sebagai penopang tanaman dan menambah kecantikan taman.

Tanaman yang bisa dimakan

Tanaman yang biasa digunakan pada taman English cottage merupakan tanaman-tanaman yang bisa dimakan, seperti sayur dan buah (selada, kol, stroberi, bawang, lobak) atau herba (mint, basil, rosemary, thyme, sage, catmint). Selain terlihat cantik, taman Anda juga akan menjadi sumber berbagai makanan.

Baca Juga: Tetap Cantik, Ini 5 Cara Mudah Menata Taman Rumah Kecil

Tanaman berbunga

Selain tanaman yang bisa dimakan, tanaman berbunga juga banyak digunakan pada taman bergaya English cottage. Dikutip dari hgtv.com, ada beberapa jenis bunga yang bisa Anda pilih, misalnya mawar, lavender, dahlia, hingga bunga matahari.

Penataan tanaman yang apa adanya

Berbeda dengan taman modern yang menuntut tampilan taman rapi, taman bergaya English cottage hanya perlu ditata dengan sederhana. Bahkan, Anda dapat membiarkan tanaman tumbuh apa adanya untuk memberi efek taman yang rimbun dan subur.

Baca Juga: 4 Kesalahan Saat Menata Taman Rumah, Bikin Tampilannya Kurang Menawan!

Jalan setapak

Melansir Love to Know, taman bergaya English cottage biasanya memiliki jalan setapak yang berlekuk untuk memudahkan Anda mengakses taman. Umumnya, jalan setapak ini hanya terbuat dari tanah atau batu kerikil yang dibatasi oleh batu bata atau tanaman di kanan-kirinya.

Tanah terbuka dengan rumput

Tanah terbuka biasanya jarang dijumpai di taman bergaya English cottage, sehingga dianggap tidak penting.

Namun, biasanya tanah terbuka yang tidak ditanami ditutupi oleh rumput supaya tetap rapi. Tak perlu rapi, yang penting tanah tersebut tertutup dengan baik.

Itulah beberapa elemen atau ciri khas yang ada di taman rumah bergaya English cottage. Bagaimana, tertarik menggunakan gaya ini pada taman rumah Anda?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News