HOME, Keluarga

4 Kesalahan Saat Menata Taman Rumah, Bikin Tampilannya Kurang Menawan!

4 Kesalahan Saat Menata Taman Rumah, Bikin Tampilannya Kurang Menawan!

MOMSMONEY.ID - Memiliki taman yang ditata dengan rapi dan indah merupakan impian setiap pemilik rumah. Apakah Anda salah satunya?

Tak heran, sebab taman yang ditata dengan rapi dan indah akan mampu mempercantik eksterior rumah dan memanjakan pandangan siapa saja yang melihatnya.

Untuk mewujudkan taman yang indah tersebut, banyak orang yang melakukan usaha ekstra untuk menata taman di rumah.

Namun, ada beberapa kesalahan yang kerap terjadi sehingga penampilan taman terlihat jauh dari ekspektasi, sehingga kurang menawan saat dilihat.

Baca Juga: Hadirkan Energi Positif, Ini Cara Menata Taman Rumah yang Sesuai Feng Shui

Apa sajakah kesalahan yang dimaksud? Berikut beberapa di antaranya.

Berlebihan saat mendesain taman

Dikutip dari Livingetc, salah satu kesalahan utama yang sering dilakukan saat mendesain dan menata taman adalah melakukannya secara berlebihan.

Artinya, saat mendesain dan menata taman, banyak orang yang berusaha untuk memasukkan sebanyak mungkin unsur atau elemen tertentu di taman tersebut. Akhirnya, taman rumah bisa terlihat penuh dan berantakan.

Solusinya, cukup gunakan desain dan tatanan taman yang simpel sehingga taman Anda akan lebih enak dipandang.

Tidak mendesain taman supaya serasi dengan rumah

Supaya taman dapat melengkapi tampilan eksterior rumah, kuncinya adalah mendesain taman dengan gaya yang serasi dengan rumah Anda.

Sayangnya, banyak orang yang melupakan hal tersebut saat akan mendesain dan menata taman rumah. Hasilnya, taman dapat terlihat tidak nyambung dengan rumah Anda.

Untuk mengatasi hal tersebut, rencanakan desain dan tatanan taman yang serasi dengan rumah Anda. Misalnya, jika rumah Anda menggunakan gaya minimalis, pastikan taman rumah Anda juga menggunakan gaya yang sama.

Baca Juga: Mengenal Elemen Taman Bergaya Mediterania yang Cantik dan Eksotik

Menanam tanpa perencanaan

Dilansir dari Houzz UK, kesalahan lainnya yang sering dilakukan saat mendesain taman adalah menanam berbagai macam tanaman tanpa perencanaan yang baik.

Selain menanam tanaman yang terlalu bervariasi, kesalahan perencanaan tersebut juga termasuk tidak memperhitungkan jenis tanaman apa saja yang cocok dengan gaya taman. Hal tersebut akan membuat taman terlihat tidak serasi.

Solusinya, rencanakan seperti apa tampilan taman yang Anda inginkan. Setelahnya, tentukan jenis tanaman apa saja yang cocok dengan gaya tersebut, lalu batasi jumlahnya supaya taman Anda tidak terlalu penuh.

Baca Juga: 5 Keuntungan Punya Kolam Ikan di Rumah, Bisa Ikut Melestarikan Alam!

Melupakan sinar matahari

Terakhir, pastikan Anda tidak melupakan faktor sinar matahari saat mendesain dan menata taman di rumah.

Mengutip Southern Living, setiap tanaman memiliki kebutuhan sinar matahari yang berbeda-beda. Ada tanaman yang menyukai sinar matahari langsung, ada pula tanaman yang menyukai tempat teduh.

Supaya tanaman-tanaman di taman Anda bisa tumbuh subur dan sehat, pastikan Anda mengetahui karakteristik setiap tanaman. Jadi, Anda akan tahu di mana harus menempatkan setiap tanaman di taman rumah.

Itulah beberapa kesalahan yang kerap dilakukan saat mendesain dan menata taman rumah. Yuk, hindari kesalahan-kesalahan tersebut mulai sekarang supaya taman di rumah Anda tampil cantik!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News