HOME, Keluarga

Mengenal Elemen Taman Bergaya Mediterania yang Cantik dan Eksotik

Mengenal Elemen Taman Bergaya Mediterania yang Cantik dan Eksotik

MOMSMONEY.ID - Memilih gaya taman rumah yang tepat biasanya didasarkan pada berbagai pertimbangan, salah satunya selera atau kesukaan si pemilik rumah.

Nah, jika Anda menyukai tampilan taman rumah yang penuh warna dan eksotik, gaya taman Mediterania bisa menjadi pilihan yang pas.

Terinspirasi dari lansekap taman-taman negara di wilayah Mediterania seperti Italia dan Yunani, taman bergaya Mediterania menawarkan tampilan taman yang memanjakan mata siapa saja yang melihatnya.

Kira-kira, apa saja elemen-elemen yang wajib ada di taman bergaya Mediterania? Berikut penjelasannya.

Baca Juga: Mengenal Gaya Taman Tropis yang Cocok Digunakan di Indonesia

Tanaman khas Mediterania

Taman bergaya Mediterania tentu kurang lengkap jika tidak ditanami oleh tanaman-tanaman khas Mediterania. Melansir Gardening Know How, ada beberapa tanaman yang bisa digunakan di taman ini, misalnya pohon jeruk, lavender, rosemary, anggur, melati, hingga sukulen.

Ubin mozaik

Pecahan-pecahan ubin berwarna-warni yang disusun menjadi mozaik merupakan salah satu ciri khas dari taman Mediterania. Mozaik ini biasanya ditemukan pada lantai, dinding, meja, bahkan pot tanaman. Dengan ubin mozaik, taman Mediterania akan terlihat berwarna-warni dan hidup.

Tempat berteduh

Karena negara-negara di wilayah Mediterania cenderung panas, maka taman-taman bergaya Mediterania biasanya memiliki tempat berteduh berupa pergola atau kanopi. Dikutip dari Homes to Love, biasanya pergola atau kanopi tersebut juga berfungsi sebagai penopang untuk tanaman rambat.

Baca Juga: Negara-Negara dengan Gaya Taman Khas, Bisa Ditiru di Rumah

Batu dan kerikil

Pada taman bergaya Mediterania, batu-batu atau kerikil biasanya digunakan untuk menutupi permukaan tanah. Batu atau kerikil ini berfungsi untuk melindungi tanah dari sinar matahari yang panas, sehingga air tidak cepat menguap dan membuat tanah cepat kering. Anda pun akan menghemat penggunaan air untuk merawat taman.

Pot tanaman terakota

Pot tanaman terakota dengan warna oranye kecoklatan yang khas merupakan salah satu hal yang wajib ada di taman Mediterania. Mengutip Gardenia.net, pot-pot ini berfungsi sebagai titik fokal di taman Mediterania dan hadir dalam beragam ukuran, mulai dari ukuran kecil hingga besar.

Baca Juga: Menurut Feng Shui, Ini Aturan Menggunakan Air Mancur di Rumah

Bedeng tanaman

Bedeng atau raised bed adalah salah satu elemen taman Mediterania yang berfungsi untuk menonjolkan tanaman-tanaman tertentu. Selain itu, bedeng yang digunakan juga bisa didekorasi dengan gaya formal yang klasik atau dihias dengan berbagai batu serta kerikil.

Elemen air

Di taman bergaya Mediterania, elemen air seperti air mancur dan kolam sangat diperlukan untuk membantu mengatasi suhu panas, terutama di musim panas. Selain mempercantik taman dan menyejukkan pandangan, suara air yang mengalir dari pancuran dan kolam akan sangat menenangkan saat didengar.

Itulah beberapa elemen yang kerap ditemukan di taman bergaya Mediterania. Bagaimana, apakah Anda tertarik menggunakan gaya taman yang satu ini di rumah?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News