HOME, Keluarga

Menurut Feng Shui, Ini Aturan Menggunakan Air Mancur di Rumah

Menurut Feng Shui, Ini Aturan Menggunakan Air Mancur di Rumah

MOMSMONEY.ID - Ketika membicarakan feng shui, sebenarnya kita tidak hanya berbicara soal penempatan furnitur atau dekorasi, tapi juga barang atau dekorasi yang digunakan di dalam suatu rumah.

Dalam feng shui, ada beberapa barang atau dekorasi yang dipercaya bisa turut menghadirkan hoki atau energi baik di dalam rumah, misalnya air mancur.

Air mancur melambangkan elemen air yang terus-menerus mengalir, sehingga diharapkan dapat selalu mengalirkan energi baik ke dalam rumah.

Nah, supaya energi baik tersebut selalu hadir, tentu air mancur perlu digunakan sesuai dengan prinsip feng shui. Bagaimana caranya? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Baca Juga: Mau Bikin Air Mancur Minimalis di Rumah? Ini 4 Hal yang Perlu Diperhatikan

Lokasi yang direkomendasikan

Penempatan suatu benda sangat penting di dalam feng shui, karena menentukan aliran energi di rumah. Hal ini juga berlaku untuk penempatan air mancur.

Melansir Magic Bricks, ada beberapa lokasi yang direkomendasikan untuk menempatkan air mancur di rumah, di antaranya:

  • Area pintu masuk rumah (baik di dalam maupun luar): untuk menarik energi baik supaya ikut masuk ke dalam rumah.
  • Bagian dalam rumah: area produktif seperti ruang belajar atau ruang kerja, bagian tenggara rumah untuk menarik rezeki, atau bagian utara rumah untuk mendukung karier.
  • Taman rumah: untuk menghadirkan energi positif dan harmoni. Posisikan air mancur supaya airnya mengalir ke arah rumah, sehingga energi dan harmoni tersebut mengalir ke dalam rumah.

Hindari lokasi-lokasi tertentu

Selain lokasi yang direkomendasikan, ada pula lokasi-lokasi yang sebaiknya dihindari jika Anda ingin menempatkan air mancur di rumah. Sebab, lokasi-lokasi ini dipercaya bisa mendatangkan sial.

Berikut beberapa lokasi yang sebaiknya tidak digunakan untuk menempatkan air mancur:

  • Kamar tidur: air mancur dipercaya dapat mematikan hubungan antarpasangan dan mengakibatkan masalah kesehatan.
  • Kamar mandi: air mancur dapat menyebabkan kelebihan elemen air yang sudah ada di kamar mandi, sehingga buruk untuk feng shui.
  • Di bawah tangga: lokasi ini dipercaya bisa menghadirkan masalah kesehatan dan mendatangkan kesialan pada anak-anak.

Baca Juga: Ingin Taman di Rumah Terlihat Minimalis dan Modern? Gunakan Elemen Ini

Perhatikan materialnya

Selain penempatan atau lokasi air mancur, material atau bahan penyusun air mancur tersebut juga perlu diperhatikan.

Dikutip dari Love to Know, air mancur melambangkan elemen air dalam feng shui. Namun, material air mancur tersebut juga turut melambangkan elemen tertentu.

Berikut beberapa material yang umum digunakan untuk air mancur beserta elemen yang dilambangkannya:

  • Bambu atau kayu: melambangkan elemen kayu dan dapat mengimbangi elemen tanah. Cocok diletakkan di sisi timur rumah untuk mendukung hubungan keluarga dan kesehatan atau di sisi tenggara untuk mendukung kemakmuran.
  • Logam (misalnya tembaga): melambangkan elemen logam, dapat menguatkan elemen air, dan mengimbangi elemen kayu. Cocok diletakkan di sisi barat rumah untuk memancing kreativitas.
  • Batu, tanah liat, atau keramik: melambangkan elemen tanah, menguatkan elemen logam, dan mengimbangi elemen air. Cocok diletakkan di sisi barat rumah untuk menguatkan hubungan keluarga dan asmara.
  • Kaca: mencerminkan elemen air, sehingga akan menguatkan air mancur. Cocok diletakkan di bagian utara rumah untuk menguatkan karier.

Baca Juga: Mengenal Gaya Taman Rumah yang Populer Digunakan, Ada Favorit Anda?

Rawat dan bersihkan secara rutin

Dilansir dari The Spruce, merawat dan membersihkan air mancur secara rutin tak hanya akan membantu menjaga tampilan air mancur, tapi juga akan membantu melancarkan energi baik ke dalam rumah.

Jadi, pastikan tidak ada lumut, kotoran, atau alga yang dapat menghambat aliran air. Selain itu, selalu jaga kondisi air supaya selalu bersih dan mengalir dengan lancar.

Itulah beberapa tips untuk mengatur dan menata air mancur berdasarkan feng shui. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News