HOME, Keluarga

Negara-Negara dengan Gaya Taman Khas, Bisa Ditiru di Rumah

Negara-Negara dengan Gaya Taman Khas, Bisa Ditiru di Rumah

MOMSMONEY.ID - Taman merupakan salah satu hal yang dapat mempercantik tampilan luar atau eksterior suatu rumah.

Jadi, taman perlu ditata dengan apik supaya menyenangkan siapa saja yang melihatnya.

Supaya taman terlihat cantik, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah menentukan gaya taman yang cocok untuk rumah Anda.

Jika Anda bingung memilih gaya taman yang cocok, coba tengok beragam gaya taman yang ada di berbagai negara untuk dicontoh.

Beberapa negara memiliki gaya taman yang khas, sehingga terlihat unik dan dapat membuat hunian Anda makin menawan.

Baca Juga: Mengenal Gaya Taman Rumah yang Populer Digunakan, Ada Favorit Anda?

Kira-kira, negara mana saja yang memiliki gaya taman yang khas? Berikut penjelasannya untuk Anda.

Inggris

Inggris merupakan salah satu negara yang banyak memiliki taman publik dengan desain yang cantik dan terlihat klasik.

Melansir Forbes Advisor, taman-taman di Inggris umumnya dikenal sebagai taman bergaya English cottage atau English countryside. Taman ini memiliki gaya yang terinspirasi dari pedesaan di Inggris, yang dilengkapi dengan bunga-bunga, semak-semak, dan berbagai pohon.

Selain itu, taman Inggris juga banyak menggunakan elemen air, seperti kolam dan air mancur dengan desain klasik. Sebagai pelengkap, ada pula kursi taman panjang, patung, serta jalan setapak berbatu.

Prancis

Bergeser sedikit ke Prancis, negara satu ini memiliki gaya taman yang hampir sama dengan Inggris dan sama-sama terlihat klasik.

Bedanya, taman Prancis kebanyakan menggunakan rumah atau suatu bangunan sebagai titik fokal atau pusat perhatian. Di taman bergaya Prancis, tanaman berupa pohon atau semak-semak ditanam dalam garis lurus yang simetris dan mengarah ke rumah.

Sebagai tambahan, taman Prancis biasanya juga dilengkapi oleh teralis atau jeruji untuk menopang tanaman rambat, air mancur, hingga furnitur dan dekorasi berbahan besi.

Baca Juga: Mengenal Taman Rumah Bergaya Klasik, Apa Saja Elemennya?

Jepang

Jika Anda menginginkan taman yang terlihat menenangkan, taman bergaya Jepang bisa menjadi pilihan yang tepat.

Dikutip dari Japan Guide, taman bergaya Jepang banyak menggunakan elemen berupa batu kerikil untuk menutupi permukaan tanah, kolam ikan koi, air mancur sederhana, bambu, lumut, dan mash banyak lagi.

Karena banyak menggunakan material alam, taman bergaya Jepang akan terlihat sangat natural dan memanjakan mata. Taman Jepang juga cocok untuk Anda yang menyukai konsep taman kering atau dry garden.

Baca Juga: Menurut Feng Shui, Ini Aturan Menggunakan Air Mancur di Rumah

Mediterania

Mediterania merupakan wilayah yang mencakup negara-negara di pesisir laut Mediterania, seperti Spanyol, Portugal, Italia, hingga Yunani.

Karena terletak di pesisir laut, maka taman khas Mediterania umumnya didesain supaya dapat bertahan di iklim yang ekstrim dan panas.

Melansir Insider dan Gardening Know How, unsur yang biasanya ditemukan di taman Mediterania adalah ubin mozaik, teralis atau jeruji untuk menopang tanaman rambat, pot terakota, dinding yang dicat dengan warna terang, hingga tanaman yang tahan panas seperti bugenvil.

Maroko

Maroko sebenarnya masih merupakan bagian dari wilayah Mediterania, tapi negara ini memiliki gaya taman tersendiri yang terlihat unik dan berbeda.

Taman bergaya Maroko biasanya terletak di dalam riad, yaitu bagian dalam rumah khas Maroko yang didesain terbuka sehingga dapat berfungsi ganda sebagai tempat bersantai.

Beberapa unsur khas taman Mediterania bisa ditemukan di taman bergaya Maroko, misalnya ubin mozaik pada dinding dan lantai. Selain itu, taman Maroko juga sering dihiasi dengan air mancur, kolam, hingga tanaman seperti palem.

Itulah beberapa contoh negara atau wilayah dengan gaya taman yang khas. Bagaimana, adakah gaya taman yang kira-kira cocok diterapkan di rumah Anda?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News