HOME, Keluarga

Mengenal Taman Rumah Bergaya Klasik, Apa Saja Elemennya?

Mengenal Taman Rumah Bergaya Klasik, Apa Saja Elemennya?

MOMSMONEY.ID - Taman merupakan bagian dari eksterior rumah yang turut menentukan tampilan akhir suatu rumah. Jadi, suatu taman sebaiknya ditata dan didesain dengan gaya yang sama dengan rumahnya.

Misalnya, jika rumah Anda menggunakan gaya minimalis, maka gunakan gaya minimalis pada tamannya. Begitu pula jika rumah Anda mengusung gaya klasik, sebaiknya gunakan gaya klasik pada taman rumah.

Sama seperti rumah klasik, taman klasik umumnya mengambil inspirasi dari gaya taman-taman yang ada di Eropa, misalnya Inggris, Prancis, hingga Yunani. Dengan gaya klasik, taman Anda akan terlihat elegan dan mewah.

Kira-kira, elemen apa saja yang ada di taman klasik? Berikut penjelasannya.

Baca Juga: Mengenal Gaya Taman Rumah yang Populer Digunakan, Ada Favorit Anda?

Geometri dan proporsi yang seimbang

Melansir Houzz, taman klasik umumnya ditata mengikuti prinsip geometri. Artinya, Anda akan menemukan banyak bentuk-bentuk geometri seperti persegi dan lingkaran, ditambah garis-garis lurus dan sudut-sudut tajam.

Selain itu, taman klasik juga ditata secara proporsional dan simetris dengan prinsip-prinsip matematika, misalnya golden ratio. Penggunaan prinsip-prinsip tersebut akan membuat taman terlihat terstruktur, seimbang, dan enak dipandang.

Penggunaan warna yang terbatas

Taman-taman klasik biasanya hanya berfokus pada penggunaan warna-warna tertentu saja. Karena taman klasik banyak menggunakan rumput dan semak-semak, maka warna hijau menjadi warna utama yang wajib ada.

Sebagai tambahan, taman klasik biasanya menggunakan bunga-bunga yang terlihat elegan seperti mawar. Bunga-bunga tersebut dapat memberi tambahan warna yang cantik, tapi warna hijau dari rumput, semak, dan pohon tetap mendominasi tampilan taman.

Baca Juga: Bikin Rumah Terlihat Berkelas, Kenali Gaya Interior Rumah Klasik

Arbor dan pergola

Arbor dan pergola adalah semacam kanopi yang umum ditemukan di taman-taman klasik. Kedua elemen ini tak hanya dapat mempercantik tampilan taman dan memberi tempat teduh, tapi juga memiliki fungsi lainnya.

Dikutip dari The Washington Post, arbor dan pergola dapat berfungsi sebagai penopang untuk tanaman-tanaman merambat. Jadi, jika Anda ingin menggunakan tanaman rambat di taman klasik, pertimbangkan untuk menambahkan kedua elemen ini.

Baca Juga: Ingin Taman di Rumah Terlihat Minimalis dan Modern? Gunakan Elemen Ini

Air mancur dan kolam

Elemen air cukup banyak digunakan pada taman-taman klasik. Biasanya, elemen air ini dihadirkan dalam bentuk air mancur dan kolam.

Selain membuat taman terlihat indah dan menghadirkan titik fokal yang menarik, air mancur dan kolam dapat memberikan tambahan suara air mengalir yang enak untuk didengar saat bersantai di taman.

Patung

Mengutip Cottages & Gardens, keberadaan patung-patung yang terinspirasi dari mitologi Yunani dan Romawi merupakan unsur khas taman klasik yang dapat berfungsi sebagai penarik perhatian atau titik fokal.

Selain patung dewa-dewi Yunani dan Romawi, Anda juga bisa menggunakan patung binatang sebagai hiasan di taman klasik. Jika Anda tidak ingin menggunakan patung, coba gunakan pot tanaman atau guci berukuran besar dengan ukiran yang terlihat klasik.

Saat Anda akan menggunakan patung, guci, atau pot tanaman sebagai hiasan di taman klasik, gunakan dalam jumlah secukupnya supaya taman tidak terlihat terlalu penuh dan berantakan.

Itulah penjelasan mengenai elemen-elemen yang ada di taman klasik. Bagaimana, tertarik menggunakan gaya ini pada taman rumah Anda?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News