HOME, Keluarga

Bikin Rumah Terlihat Berkelas, Kenali Gaya Interior Rumah Klasik

Bikin Rumah Terlihat Berkelas, Kenali Gaya Interior Rumah Klasik

MOMSMONEY.ID - Di tengah-tengah tren interior rumah minimalis yang modern, gaya interior rumah yang klasik dan terkesan tradisional masih memiliki banyak peminat. Apakah Anda salah satunya?

Rumah bergaya klasik memang memiliki tampilan yang cantik dan dapat membuat rumah terlihat mahal. Selain itu, interior rumah bergaya klasik umumnya mengutamakan kenyamanan, sehingga akan membuat rumah Anda makin enak ditempati.

Namun, apa itu sebenarnya gaya klasik? Apa saja elemen-elemen yang membuat suatu rumah dapat disebut bergaya klasik?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, yuk simak penjelasannya berikut ini!

Baca Juga: Rekomendasi Warna Kamar Tidur Menurut Feng Shui, Bikin Kalem!

Apa itu gaya interior klasik?

Dilansir dari The Spruce, gaya interior klasik atau tradisional adalah gaya yang mengambil inspirasi dari gaya interior di Eropa pada abad ke-18 dan 19, khususnya gaya interior Inggris dan Prancis.

Pada dasarnya, interior rumah yang menggunakan gaya klasik harus terlihat timeless, ditata dengan rapi, dan tidak didekorasi berlebihan sehingga terasa nyaman dan homey.

Rumah dengan gaya klasik umumnya banyak menggunakan pernak-pernik dan dekorasi yang terlihat tradisional dan antik, serta tidak terlalu mengikuti tren yang ada.

Elemen-elemen gaya klasik

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, rumah dengan gaya klasik banyak menggunakan elemen-elemen tradisional dan antik.

Mengutip Architectural Digest, berikut beberapa contoh elemen-elemen yang kerap digunakan di rumah bergaya klasik:

  • Lis plafon dengan ukiran yang rumit dan klasik
  • Hiasan dinding dengan pigura metalik berukir
  • Tirai atau gorden panjang dengan bahan yang tebal dan bermotif chinoiserie, bunga-bunga, atau motif klasik lainnya
  • Lampu gantung atau chandelier kristal
  • Barang-barang antik atau vintage
  • Furnitur kayu berwarna gelap dengan ukiran

Baca Juga: Lancarkan Aliran Energi, Ini 3 Tips Feng Shui untuk Rumah Menghadap Timur

Cara menghadirkan gaya klasik di rumah

Setelah mengenali apa itu gaya klasik dan apa saja elemen-elemennya, menghadirkan gaya klasik pada rumah Anda pun akan terasa mudah.

Pada dasarnya, cukup gunakan ornamen, dekorasi, atau pernak-pernik rumah yang memberi kesan klasik dan tradisional.

Melansir Homes To Love, berikut beberapa tips mudah yang bisa Anda terapkan untuk menghadirkan gaya klasik di rumah:

  • Tentukan titik fokal atau area yang akan menjadi pusat perhatian. Hal ini penting, sebab akan menentukan penempatan furnitur dan dekorasi rumah lainnya.
  • Setelahnya, atur furnitur dan dekorasi rumah Anda supaya terlihat simetris. Misalnya, atur kursi atau sofa yang identik agar saling berhadapan dan dipisahkan oleh meja. Pengaturan ini akan membuat rumah klasik Anda terlihat rapi.
  • Gunakan warna-warna yang lembut dan netral, misalnya warna putih bersih dengan tambahan warna biru, kuning, hijau, dan coklat muda. Jika Anda ingin menggunakan warna-warna berani, coba gunakan warna permata seperti ungu gelap atau hijau zamrud.
  • Gunakan pernak-pernik atau dekorasi rumah yang terlihat antik, misalnya wallpaper dengan motif bunga-bunga, lampu gantung kristal, karpet bermotif, hingga vas keramik.

Itulah hal-hal mengenai interior rumah bergaya klasik yang perlu Anda ketahui. Bagaimana, tertarik menggunakan gaya ini pada interior rumah Anda?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News