HOME, Keluarga

Lancarkan Aliran Energi, Ini 3 Tips Feng Shui untuk Rumah Menghadap Timur

Lancarkan Aliran Energi, Ini 3 Tips Feng Shui untuk Rumah Menghadap Timur

MOMSMONEY.ID - Setiap rumah memiliki bagian depan yang menghadap ke arah mata angin berbeda-beda, mulai dari arah barat, timur, selatan, hingga utara.

Arah rumah tersebut memegang peranan yang penting dalam feng shui. Sebab, hal tersebut menentukan arah masuk dan aliran energi chi di dalam rumah. Jadi, feng shui perlu disesuaikan dengan lokasi rumah Anda.

Nah, jika rumah Anda menghadap ke timur, bagaimana cara menata rumah yang sesuai dengan feng shui? Berikut tipsnya.

Baca Juga: Rekomendasi Warna Kamar Tidur Menurut Feng Shui, Bikin Kalem!

Gunakan warna yang tepat untuk pintu rumah

Dalam feng shui, arah mata angin timur berkaitan erat dengan elemen kayu. Mengutip The Spruce, Anda bisa menghadirkan elemen kayu dengan menggunakan warna-warna elemen tersebut pada pintu rumah Anda.

Sebagai alternatif, Anda juga dapat menggunakan warna-warna elemen air karena elemen ini dapat menyuburkan kayu.

Untuk elemen kayu, Anda bisa menggunakan warna hijau, biru, atau hijau toska yang segar dan menenangkan. Sementara itu, gunakan warna hitam, abu-abu gelap, atau biru gelap (navy blue) jika Anda ingin menggunakan elemen air.

Tambahkan elemen kayu

Jika Anda tidak ingin mengecat pintu rumah, Anda masih bisa menghadirkan elemen kayu dengan cara menggunakan barang-barang dengan unsur kayu sebagai dekorasi di area pintu rumah.

Dikutip dari Love to Know, salah satu cara termudah untuk menghadirkan unsur kayu adalah dengan menggunakan furnitur atau pernak-pernik berbahan kayu di teras rumah. Atau, gunakan tanaman hias di sekitar pintu rumah Anda.

Alternatifnya, Anda bisa menggunakan benda dengan elemen air. Gunakan hiasan dengan motif garis-garis bergelombang, atau keset kaki dengan warna hitam atau biru gelap.

Baca Juga: Supaya Makin Hoki, Ini 4 Tips Mendekorasi Rumah di Tahun Macan Air

Perhatikan area di sekitar pintu rumah

Selain desain, warna, dan dekorasi pintu rumah, area sekitar pintu rumah juga perlu diperhatikan supaya aliran chi bisa masuk dengan lancar ke dalam rumah.

Melansir Home Guides SF Gate, pastikan area di sekitar pintu rumah tetap bersih dan terbebas dari barang-barang yang berserakan, sehingga energi chi tidak terhalangi. Hindari juga keberadaan barang-barang dengan ujung yang tajam.

Jika pintu rumah Anda berhadapan langsung dengan jalan besar, cobalah untuk menanam semak-semak atau pohon di sekitar pintu (tidak langsung di depan pintu) sebagai bentuk perlindungan.

Itulah beberapa tips feng shui untuk menata area pintu rumah yang menghadap ke arah timur. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News