HOME, Keluarga

Mengenal Gaya Taman Tropis yang Cocok Digunakan di Indonesia

Mengenal Gaya Taman Tropis yang Cocok Digunakan di Indonesia

MOMSMONEY.ID - Seperti halnya interior rumah, taman juga perlu ditata dengan gaya tertentu supaya terlihat cantik dan enak dipandang.

Ada banyak sekali gaya taman yang bisa Anda pilih, mulai dari taman ala Inggris, taman ala Jepang, taman Mediterania, hingga taman kering. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri yang bisa disesuaikan dengan selera Anda.

Di antara beragam gaya taman tersebut, ada salah satu gaya taman yang cocok digunakan di Indonesia, yaitu taman tropis. Seperti namanya, taman ini banyak menggunakan unsur-unsur tropis yang banyak ditemukan di Indonesia.

Baca Juga: Mengenal Taman Rumah Bergaya Klasik, Apa Saja Elemennya?

Apa itu taman tropis, dan apa saja unsur-unsur yang ada di dalamnya? Berikut penjelasannya untuk Anda.

Apa Itu Taman Tropis?

Mengutip Airtasker, taman tropis pada dasarnya adalah gaya taman yang terinspirasi dari lansekap tempat-tempat tropis yang eksotis, misalnya Bali dan Hawaii.

Ketika menggunakan gaya taman tropis, kesan kalem dan santai akan hadir di rumah Anda sehingga dapat memberikan kesan ala vila liburan yang eksotis. Anda pun akan merasakan suasana liburan hanya dengan memandang taman bergaya tropis.

Elemen-Elemen Taman Tropis

Paving dan batu

Dalam taman tropis, paving dan batu memegang peranan yang cukup penting dalam membentuk lansekap taman.

Dikutip dari The Spruce, tanah yang ditutupi dengan batu paving dapat mempertahankan kondisi taman dari iklim negara tropis yang lembap dan sering mengalami hujan.

Selain itu, batu juga dapat digunakan sebagai jalan setapak yang turut mempercantik tampilan taman tropis.

Baca Juga: Negara-Negara dengan Gaya Taman Khas, Bisa Ditiru di Rumah

Tanaman tropis

Taman tropis tentu harus ditanami dengan tanaman-tanaman daerah tropis. Di Indonesia yang memiliki iklim tropis, tanaman ini sangat mudah ditemukan di mana-mana.

Mengutip Forbes Advisor, ada banyak tanaman yang bisa Anda gunakan di taman tropis, seperti pohon palem dan pohon kamboja. Selain itu, Anda bisa menggunakan berbagai jenis bunga, seperti bunga sepatu, bugenvil, melati, anggrek, hingga birds of paradise.

Di taman bergaya tropis, tanaman dengan warna-warna yang hidup sangat disarankan. Gunakan banyak tanaman berwarna hijau yang rimbun, lalu kombinasikan dengan bunga yang berwarna-warni.

Baca Juga: Menurut Feng Shui, Ini Aturan Menggunakan Air Mancur di Rumah

Bambu, rotan, kayu

Ketika akan menambahkan pernak-pernik, furnitur, atau dekorasi di taman bergaya tropis, pilihlah benda yang terbuat dari bahan-bahan alami.

Misalnya, Anda bisa menambahkan air mancur berbahan bambu, kursi rotan, hingga pagar-pagar mini yang terbuat dari kayu. Penggunaan material alami ini akan berpadu baik dengan tanaman-tanaman di taman tropis.

Elemen air

Terakhir, Anda dapat menambahkan elemen air seperti kolam ikan atau pancuran. Supaya terlihat cantik, tetap gunakan material alami seperti batu, kayu, atau bambu pada kolam ikan atau pancuran yang digunakan.

Selain mempercantik taman tropis, keberadaan kolam ikan atau pancuran dapat berfungsi sebagai sumber air untuk berbagai makhluk hidup di sekitar rumah, sehingga Anda akan turut melestarikan lingkungan.

Itulah beberapa hal mengenai taman tropis yang perlu Anda ketahui. Tertarik menggunakan gaya taman ini di rumah Anda?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News