HOME, Keluarga

Mengenal Simbol Ikan Koi dalam Feng Shui, Apa Saja Maknanya?

Mengenal Simbol Ikan Koi dalam Feng Shui, Apa Saja Maknanya?

MOMSMONEY.ID - Ketika membicarakan dekorasi rumah dalam feng shui, ikan koi adalah salah satu hewan yang kerap disebut-sebut, baik sebagai hewan peliharaan maupun sebagai objek lukisan.

Disebut juga sebagai carp fish, ikan koi merupakan jenis ikan air tawar yang banyak dikaitkan dengan kebudayaan Asia, seperti Jepang dan Tiongkok.

Dalam feng shui, ikan koi yang berwarna-warni memiliki maknanya tersendiri dan dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan. Oleh karena itu, tidak heran hewan yang satu ini banyak digunakan dalam dekorasi rumah.

Ingin tahu apa saja makna ikan koi dalam feng shui dan cara menggunakan simbol ikan koi di rumah? Berikut penjelasannya.

Baca Juga: 4 Kesalahan Saat Menata Taman Rumah, Bikin Tampilannya Kurang Menawan!

Legenda ikan koi

Walaupun nama “koi” berasal dari Jepang, ikan ini banyak digunakan dalam legenda rakyat Tiongkok. Mengutip The Spruce, salah satu legenda yang paling terkenal adalah kisah ikan koi ajaib yang mampu berenang melawan arus.

Dalam legenda ini, si ikan koi dapat berenang melawan arus Yellow River atau Sungai Yangtze ke arah pegunungan, hingga mencapai air terjun bernama Dragon’s Gate atau Gerbang Naga.

Ketika ikan koi berhasil melewati Gerbang Naga, ia bertransformasi menjadi seekor naga, hewan yang dianggap sakral dalam kebudayaan Tiongkok.

Dari kisah tersebut, ikan koi menjadi lambang kekuatan dan keberanian dalam menghadapi berbagai rintangan dalam hidup. Selain itu, ikan koi juga melambangkan perubahan ke arah yang lebih baik.

Baca Juga: Hadirkan Energi Positif, Ini Cara Menata Taman Rumah yang Sesuai Feng Shui

Makna ikan koi dalam feng shui

Seperti yang sudah disebutkan di atas, ikan koi melambangkan kekuatan, keberanian, dan perubahan yang baik.

Melansir Love to Know, ada pula beberapa karakteristik atau makna dari simbol ikan koi, misalnya kesuksesan, ambisi, keberuntungan, hingga kemakmuran.

Dalam feng shui, kedua gambar yang membentuk simbol yin dan yang disebut-sebut melambangkan dua ekor ikan koi. Jadi, sama seperti yin dan yang, ikan koi kadang dikaitkan dengan keseimbangan antara energi positif dan negatif.

Baca Juga: 5 Keuntungan Punya Kolam Ikan di Rumah, Bisa Ikut Melestarikan Alam!

Cara menggunakan simbol ikan koi

Salah satu cara termudah menghadirkan elemen ikan koi ke dalam rumah Anda adalah dengan memelihara ikan koi di kolam.

Dengan memelihara ikan koi di kolam, Anda dapat menonton pergerakan ikan koi saat berenang dari sisi atas. Kombinasi antara warna-warni ikan koi dan gerakannya yang cantik akan membuat kolam ikan Anda terlihat menarik.

Namun, jika Anda tidak ingin berkomitmen dengan memelihara ikan, ada banyak sekali cara lain untuk menghadirkan ikan yang satu ini ke rumah Anda.

Dikutip dari Fengshuied, Anda bisa menggunakan foto, lukisan, atau gambar ikan koi yang dipajang pada dinding rumah. Untuk mendapatkan efek yang sama seperti memelihara ikan di kolam, pilihlah foto atau lukisan yang menggambarkan ikan koi dari sisi atas.

Supaya hoki yang datang ke rumah Anda semakin maksimal, usahakan untuk memelihara atau memajang lukisan ikan koi berjumlah 9 atau 5 ekor. Dalam feng shui, angka ganjil seperti 9 dan 5 dipercaya dapat menghadirkan banyak energi ke dalam rumah.

Itulah penjelasan mengenai makna ikan koi menurut feng shui. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News