HOME, Keluarga

10 Tips Mudah Memaksimalkan Pencahayaan di Rumah yang Suram, Yuk Coba!

10 Tips Mudah Memaksimalkan Pencahayaan di Rumah yang Suram, Yuk Coba!

MOMSMONEY.ID - Tinggal di rumah yang bermandikan cahaya matahari alami memang terasa menyenangkan. Sebab, cahaya matahari dapat membantu mengurangi penggunaan lampu di pagi dan siang hari serta membantu meningkatkan suasana hati penghuni rumah.

Namun, tidak semua rumah memiliki akses terhadap cahaya matahari yang cukup. Hal tersebut kerap membuat interior rumah terasa suram, sehingga menyebabkan ketidaknyamanan bagi penghuninya.

Untungnya, ada beberapa cara mudah untuk memaksimalkan pencahayaan di rumah yang terasa suram. Yuk, simak tipsnya berikut ini!

Baca Juga: Ada Banyak Sinar Matahari di Rumah? Ini Cara Memanfaatkannya

Gunakan cat dinding warna putih bersih

Warna putih sudah lama dikenal sebagai warna yang bersih dan dapat memberi kesan cerah di suatu ruangan. Dikutip dari The Spruce, Anda dapat menggunakan warna putih pada dinding dan langit-langit rumah. Pastikan Anda menggunakan warna putih bersih (bukan putih krem atau off-white) untuk memaksimalkan kesan cerah dan lapang.

Gunakan cermin

Selanjutnya, Anda dapat memasang cermin di bagian rumah yang terasa suram untuk membantu menyebarkan cahaya ke seluruh ruangan. Jika memungkinkan, letakkan cermin berhadapan dengan jendela untuk memaksimalkan penyebaran cahaya di ruangan tersebut.

Gunakan furnitur minimalis

Furnitur dan pernak-pernik ruangan yang berukuran besar dan berat dapat memberi kesan ruangan yang sumpek dan suram. Oleh karena itu, cobalah untuk menggunakan furnitur rumah yang ringan dan memiliki desain minimalis.

Baca Juga: Saran Feng Shui, Jangan Tempatkan Cermin di 4 Area Ini!

Hindari gorden tebal

Jika Anda ingin menggunakan gorden atau penutup jendela lainnya, hindari gorden dengan warna gelap dan bahan yang berat. Hal ini akan membuat cahaya matahari sulit masuk ke dalam rumah, sehingga membuat ruangan makin suram. Pilihlah gorden dengan bahan yang ringan dan berwarna terang supaya cahaya matahari mudah masuk ke rumah.

Gunakan lantai warna terang

Selain menggunakan cat dinding berwarna cerah, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk memasang lantai dengan warna terang. Misalnya, Anda bisa menggunakan lantai kayu berwarna cerah atau ubin keramik berwarna putih.

Baca Juga: Mau Mencoba Decluttering? Ini Tips Mudahnya untuk Pemula

Hindari cat glossy

Cat dinding dengan hasil akhir mengkilat atau glossy memang dapat memantulkan cahaya, tapi cat tersebut justru dapat memberi kesan menyilaukan di suatu ruangan. Sebagai gantinya, Elle Decor menyaranakan Anda untuk menggunakan cat dinding dengan hasil akhir matte supaya dapat menyebarkan cahaya dengan lebih merata ke seluruh ruangan.

Tambahkan aksesoris metalik

Jika Anda menginginkan interior rumah yang terkesan sedikit mewah, coba gunakan aksesoris ruangan dengan aksen metalik yang dapat memantulkan cahaya. Contohnya, Anda bisa menggunakan cermin dengan bingkai emas, meja dengan kaki stainless steel, dan lain-lain. Gunakan dalam jumlah secukupnya supaya interior rumah Anda tidak terlihat norak.

Baca Juga: Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Membuat Air Mancur Minimalis di Rumah

Tambahkan beragam sumber pencahayaan

Melansir MyDomaine, satu lampu saja tidak cukup untuk menerangi interior rumah yang suram. Untuk mengatasinya, tambahkan beragam sumber pencahayaan. Misalnya, di kamar tidur yang minim cahaya matahari, Anda dapat menambahkan lampu tidur di samping kasur, floor lamp, hingga string lights untuk melengkapi lampu di plafon.

Baca Juga: Seperti Apa Dekorasi Rumah yang Sesuai dengan Shio Anda? Ini Jawabannya

Rapikan pohon di dekat jendela

Terkadang, pohon yang terlalu rimbun dapat menghalangi masuknya cahaya matahari di rumah, terutama jika pohon tersebut berada dekat dengan jendela. Jadi, Anda dapat memotong dan merapikan beberapa bagian pohon di dekat jendela untuk memudahkan cahaya matahari masuk ke rumah.

Bersihkan jendela

Tak hanya pohon, tumpukan debu dan kotoran yang menempel di jendela rumah Anda ternyata dapat menghalangi cahaya matahari masuk ke rumah dengan sempurna. Sempatkanlah untuk membersihkan jendela secara rutin sehingga cahaya matahari yang masuk ke rumah akan lebih maksimal.

Itulah beberapa tips untuk memaksimalkan pencahayaan di interior rumah yang suram. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News