HOME, Santai

Silica Gel, Benda Mungil Miliki Segudang Fungsi Untuk Barang Anda

Silica Gel, Benda Mungil Miliki Segudang Fungsi Untuk Barang Anda

MOMSMONEY.ID - Sering ditemukan di kotak sepatu, ternyata silica gel memiliki fungsi lain. Tak hanya bermanfaat bagi sepatu, ternyata banyak barang-barang lain yang bisa memperoleh manfaat dari silica gel.

Silica gel sendiri berbentuk butiran bening seperti kaca. Bentuknya yang kecil sering membuatnya salah diartikan seperti permen. Namun silica gel ini tak boleh sampai dimakan atau tertelan ya.

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari silica gel yang dapat membantu merawat barang-barang Anda selain sepatu.

Baca Juga: Silica Gel Termakan? Tak Perlu Panik! Segera Lakukan Cara Ini

Anti jamur pada kamera

Kamera adalah salah satu alat elektronik yang mudah berjamur. Apalagi jika kamera diletakkan di dalam tas atau kotak penyimpanan. Resiko munculnya jamur pada lensa kamera akan lebih cepat terjadi.

Kondisi lembap pada tas maupun tempat penyimpanan kamera dapat terserap dengan baik jika Anda meletakkan silica gel di sekitarnya. Silica gel juga memiliki fungsi untuk menyerap kelembapan. Sehingga kondisi kamera Anda bisa tetap kering dan terhindar dari jamur.

Membantu ponsel yang basah

Silica gel memiliki kemampuan untuk menyerap air dengan tinggi. Sehingga ia kerap digunakan untuk menyerap air yang ada pada ponsel. Letakkan ponsel yang basah karena air dalam sebuah kantong bersama silica gel.

Diamkan ponsel dan silica gel selama satu hari atau sampai air yang ada pada ponsel mengering. Maka air yang berada pada ponsel dapat terserap oleh silica gel.  

Baca Juga: Wajib Tahu Sebelum Membeli, Ini Dia Berbagai Macam Tipe HP Samsung & Kisaran Harganya

Menghilangkan bau apek

Selain menjaga kelembapan dan menyerap air yang berlebih, silica gel juga memiliki fungsi untuk menghilangkan bau apek. Ia memiliki fungsi untuk melawan suhu dan kelembapan penyebab munculnya bau apek.

Anda bisa meletakkan silica gel pada lemari baju, lemari buku, maupun lemari penyimpanan agar bauk apek tidak muncul. Selain itu kelembapan juga dapat tetap terjaga karena adanya silica gel.

Melindungi foto

Hasil foto yang disimpan terlalu lama juga memiliki kemungkinan berjamur. Sayang sekali memang jika foto yang penuh memori dan kenangan rusak karena kelembapan dan jamur.

Untuk menghindari kerusakan pada foto, Anda bisa meletakkan silica gel pada tempat penyimpanan album foto. Fungsinya agar foto Anda tetap dalam kondisi bagus dan terhindar dari jamur yang diakibatkan karena suhu dan kelembapan.

Selanjutnya: Ini Arti 4 Indikator Warna di Aplikasi PeduliLindungi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News