HOME, Santai

Silica Gel Termakan? Tak Perlu Panik! Segera Lakukan Cara Ini

Silica Gel Termakan? Tak Perlu Panik! Segera Lakukan Cara Ini

MOMSMONEY.ID - Silika gel merupakan butiran yang hampir menyerupai kaca dengan bentuk kecil dan padat. Silika gel memiliki sifat yang tidak elastis.

Sehingga ia biasa digunakan sebagai zat penyerap atau pengering. Silika gel juga umum digunakan dalam pengemasan barang. Digunakan untuk menyerap kelembapan yang berlebih pada suatu produk.

Karena bentuknya yang seperti permen dan kecil, biasanya silica gel sering disalah artikan terutama bagi anak-anak. Bahkan, tak jarang banyak terjadi kasus dimana silica gel termakan.

Baca Juga: Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Menjaga Kesehatan Otak

Melansir dari laman Health Line, silica gel tidak akan membahayakan ketika di makan. Ia hanya akan memberikan efek tersedak karena butiran-butirannya yang cenderung berbentuk besar.

Hal tersebutlah yang membuat silica gel akhirnya diberi label berbahaya untuk dimakan. 

Silica gel tidak akan larut dalam tubuh. Sehingga hal tersebut membuatnya tidak beracun. Ia juga tidak larut dalam makanan maupun tubuh, jadi ia akan dengan mudah keluar kembali bersama kotoran dalam tubuh. 

Baca Juga: Mengenal Penyebab Rambut Beruban dan Cara Mengatasinya

Namun apabila silica gel termakan, ada baiknya untuk segera menetralkan racun yang melapisi silica gel dengan banyak minum air. Biasanya silica gel akan dilapisi dengan cobalt chloride yang merupakan senyawa beracun.

Efek yang akan ditimbulkan dari lapisan tersebut adalah mual dan muntah, maka dari itu penting untuk segera menetralisirnya agar efek samping tidak begitu terasa menyakitkan.

Namun, jika merasa khawatir atau cemas terhadap efek samping berlebih, Anda bisa langsung ke dokter untuk berkonsultasi. 

Selanjutnya: Ini Daftar Harga HP Bekas yang Bisa Ditukarkan di Festival Tukar Tambah Tokopedia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News