HOME, Santai

Mengenal Penyebab Rambut Beruban dan Cara Mengatasinya

Mengenal Penyebab Rambut Beruban dan Cara Mengatasinya

MOMSMONEY.ID - Rambut beruban dikenal sebagai salah satu tanda penuaan. Padahal, tidak selamanya demikian. Sebab,  rambut beruban sendiri dapat terjadi pada remaja.

Banyak faktor yang membuat munculnya rambut beruban pada seseorang. Yang jelas, rambut beruban terjadi karena kurangnya produksi melanin. Melanin diproduksi oleh folikel rambut yang bertugas untuk memberikan pigment warna pada rambut.

Baca Juga: Rambut Semakin Hitam, 5 Manfaat Minyak Urang Aring Untuk Rambut

Seiring dengan bertambahnya usia, folikel akan lebih mudah untuk kehilangan sel pigmentasinya. Mengakibatkan rambut berubah warna menjadi abu-abu atau yang dikenal dengan rambut beruban.

Selain penuaan, penyebab munculnya rambut beruban bisa karena banyak hal. Salah satunya adalah kurangnya vitamin dalam tubuh. Kurangnya vitamin B6 dan B12, vitamin D, dan vitamin E bisa menjadi salah satu faktor rambut beruban.

Faktor genetic juga menjadi faktor penting munculnya uban. Terutama uban pada remaja. Remaja dapat memiliki rambut beruban dikarenakan faktor genetic yang turun dari orang tua mereka. Selain itu kondisi stress berlebih juga bisa menjadi trigger munculnya uban pada rambut.

Baca Juga: Rambut Menjadi Lembut, Inilah 5 Manfaat Almond Oil Untuk Rambut

Kondisi kesehatan yang buruk, merokok, dan juga treatment rambut seperti pewarnaan turut serta juga menjadi salah satu faktor munculnya uban pada rambut. 

Cara untuk mengatasi atau merawat kembali beruban dapat dilakukan sendiri di rumah. Mengkonsumsi makanan berserat dan sumber vitamin B atau antioxidant merupakan salah satu cara untuk mengatasi rambut beruban.

Mengkonsumsi banyak mineral dan melindungi rambut dari sinar matahari bisa dilakukan juga agar terhindar dari munculnya rambut beruban pada usia dini. Selain itu, sebisa mungkin jangan merusak kondisi rambut dengan treatment perawatan rambut yang merusak seperti pewarnaan.

Hal-hal preventif tersebut bisa Anda lakukan hanya untuk menghambat pertumbuhan uban pada rambut Anda. Rambut beruban akan terjadi seiring dengan bertambahnya usia dan tidak dapat dihindari. 

Selanjutnya: 4 Film Horor Ini Bertema Rumah Angker, Bikin Takut di Rumah Sendiri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News