Keluarga

Si Kecil Pilih-pilih Makan? Ikuti 7 Cara Mudah Bikin Anak Mau Makan Sayuran

Si Kecil Pilih-pilih Makan? Ikuti 7 Cara Mudah Bikin Anak Mau Makan Sayuran

MOMSMONEY.ID - Si kecil suka pilih-pilih makanan? Tak mau makan sayuran? Tenang, MomsMoney punya cara bikin anak mau makan sayuran dengan mudah.

Agar anak mau mencoba makan sayur, perlu beberapa cara sederhana dan efektif yang bikin si kecil jadi penasaran dan mulai mencoba makan sayuran.

Cara apa sajakah itu? Intip artikel berikut ini yang dilansir dari Childrens dan Raising Children!

Coba terus tawarkan

Cara pertama yang bisa Moms lakukan agar anak mau makan sayuran adalah dengan mencoba terus menawarkannya.

Moms jangan patah semangat jika anak tak mau makan sayur. Moms bisa terus sajikan dan menawarkan sayuran hingga anak merasa penasaran dan mulai mencoba makan sayur.

Baca Juga: Tak Lagi Hambar dan Pahit, Ini 6 Tips Bikin Sayuran Jadi Masakan Lezat dan Disukai

Jika anak telah mencicipi sayur dan ternyata tetap tidak suka, Moms bisa hidangkan makanan favorit si kecil dengan sedikit sayuran di dalamnya. Tak masalah untuk mencoba menawarkannya terus menerus.

Beberapa anak perlu mencoba makanan baru hingga 10x sebelum mereka memakannya, dan 10x lagi sebelum mereka memutuskan untuk menyukai makanan tersebut.

Baca Juga: Moms, Ikuti 5 Cara Menentukan Tingkat Kematangan Ayam Saat Dimasak

Biarkan anak memilih sayuran yang disukai

Agar anak mau makan sayuran, biarkan ia memilih sayuran yang disukai. Jangan paksa anak makan jenis sayur yang belum bisa ia sukai.

Setiap anak punya selera yang berbeda. Ada anak yang menyukai sayuran manis seperti wortel, jagung, ataupun paprika. Ada pula anak-anak yang suka sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kangkung.

“Memanggang adalah salah satu cara yang bagus untuk mengeluarkan rasa karamel pada sayuran. Anda bisa membumbuinya dengan sedikit garam atau gula sebelum memanggangnya,” saran Mikie Rangel, seorang ahli diet di Children’s Health yang dilansir dari laman Childrens.

Baca Juga: Ikuti 4 Trik Rahasia yang Bikin Masakan Udang Jadi Terasa Lebih Juicy

Puji anak setelah mencoba sayuran

Anak mau makan sayur

Jika anak Moms yang terkenal sangat sulit makan sayuran pada akhirnya mau mencoba memakannya, beri ia pujian dan apresiasi. Jika Moms memujinya tiap kali ia makan sayuran, anak-anak akan cenderung memakannya lagi.

Cara ini membuat anak mau makan sayuran karena merasa senang jika dipuji.

Baca Juga: Hemat Pengeluaran, Ikuti 3 Tips Mengolah Sayuran Hijau yang Layu Agar Kembali Segar

Coba menanam sayuran di halaman rumah

Selanjutnya, cara bikin anak mau makan sayuran adalah dengan mencoba menanam berbagai macam sayuran di halaman rumah.

Sesekali ajak si kecil untuk menyirami sayuran tersebut hingga tumbuh besar. Biasanya, anak akan merasa senang jika sayuran yang ia rawat tumbuh besar dan siap panen.

Setelah sayuran dipanen, ajak anak untuk mencicipi rasa sayuran yang ia rawat tersebut. Anak akan penasaran dengan rasa sayuran yang telah dirawatnya sehingga ia akan mencicipi sayuran sedikit demi sedikit.

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Bau Lumpur Pada Ikan Air Tawar

Ubah sayuran menjadi camilan

Batasi camilan tak sehat di rumah dan mulai mengubah sayuran menjadi aneka snack lezat. Jika anak tengah kelaparan tapi tak mau makan, Moms bisa tawarkan snack sayuran tersebut kepada anak. Cara ini dapat membuat anak makan sayuran, meski memang karena terpaksa.

Beberapa ide snack sayuran yang bisa Moms buat di antaranya stik mentimun, stik wortel, ataupun tomat ceri. Beberapa snack di atas akan lebih lezat jika ditambahkan cocolan seperti mayones, yogurt, keju, atau sedikit taburan garam/gula agar rasanya tak terlalu tawar.

Baca Juga: Bikin Hidangan Makin Beragam, Ini 5 Teknik Memasak Ala Prancis yang Bisa Ditiru

Libatkan anak saat memasak sayuran

Cara bikin anak mau makan sayuran adalah dengan melibatkan anak saat Moms sedang memasak makanan, terutama sayur-sayuran.

Beri ia pekerjaan sederhana seperti mencuci ataupun memindahkan sayuran mentah ke dalam panci.

Ajak juga anak-anak untuk berbelanja agar ia bisa melihat berbagai macam sayuran yang akan membuatnya jadi penasaran dan tertarik untuk mencobanya.

Baca Juga: Meski Mirip, Ini 5 Perbedaan Kopi Hitam Americano dan Espresso Mulai Bahan dan Rasa

Jadilah role modelnya

Anak cenderung mengikuti tingkah laku dan kebiasaan orang tuanya. Untuk itu, cobalah mencontohkan kebiasaan makan sehat.

“Tunjukkan kepada anak betapa pentingnya diet sehat dengan makan banyak sayuran sendiri,” kata Rangel. Cara tersebut terutama dapat membuat anak mau makan sayuran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News