Keluarga

Bikin Hidangan Makin Beragam, Ini 5 Teknik Memasak Ala Prancis yang Bisa Ditiru

Bikin Hidangan Makin Beragam, Ini 5 Teknik Memasak Ala Prancis yang Bisa Ditiru

MOMSMONEY.ID - Mau bikin masakanmu jadi lebih beragam? Coba beberapa teknik memasak ala Prancis berikut ini, yuk!

Beberapa teknik memasak ala Prancis ini bisa digunakan dalam berbagai hal, mulai dari mengolah bahan, hingga menyajikan makanan di atas piring.

Melansir dari Easy Food dan Foodal, berikut ini MomsMoney rangkum 5 teknik memasak ala Prancis yang bisa ditiru Moms di rumah, selengkapnya!

En papillote

Teknik Memasak ala Prancis: en papillote

En papillote merupakan teknik memasak ala Prancis dimana makanan dimasukkan ke dalam kantong lalu dilipat dan dipanggang. En Papillote sendiri jika diterjemahkan memiliki arti “di dalam kertas”.

Teknik memasak ala Prancis ini sering dilakukan untuk memasak ikan hingga daging. En papillote adalah cara memasak dengan mengombinasikan metode panggang & kukus.

Baca Juga: 6 Cara Mudah Mengentalkan Kuah dan Saus yang Terlalu Encer

Julienne

Teknik Memasak Julienne

Teknik memasak ala Prancis yang kedua adalah Julienne.

Julienne sendiri merupakan teknik memasak berupa memotong berbagai jenis sayuran secara bersamaan membentuk ukuran yang seragam seukuran korek api.

Moms bisa mencoba teknik memasak Julienne ini untuk mempercepat waktu memasak dan supaya tampilan visual masakan jadi lebih rapih.

Baca Juga: Kurangi Makanan Berminyak, Ini 3 Tips Menggoreng Kentang Dengan Sedikit Minyak

Chiffonade

Potongan Chiffonade merupakan teknik memasak ala Prancis yang digunakan untuk mencincang halus sayuran berdaun seperti bayam, selada, hingga kemangi menjadi sehalus mungkin menyerupai bubuk.

Untuk menggunakan teknik memasak chiffonade, Moms bisa menumpuk beberapa daun lalu dilipat dan dipotong tegak lurus. Usahakan untuk menjaga sedikit jarak sehingga daun dapat terpotong sangat kecil.

Coulis

Coulis adalah teknik memasak ala Prancis yang berguna untuk pembuatan dessert. Coulis adalah saus kental berwarna-warni yang ditujukan untuk mempercantik makanan.

Warna-warni saus ini terbuat dari buah, sayur, hingga rempah, bergantung pada warna yang ingin didapatkan. Bahan-bahannya dimasak, dihaluskan, dan diayak sebelum disajikan.

Baca Juga: 5 Tips Rahasia Bikin Kentang Goreng Buatanmu Jadi Super Renyah ala Restoran

Saute

Teknik Memasak ala Prancis: saute/menumis

Teknik memasak ala Prancis bernama saute atau lebih dikenal sebagai “teknik masak menumis” merupakan teknik paling umum yang diketahui banyak orang di dunia.

Baca Juga: Tak Lagi Hambar dan Pahit, Ini 6 Tips Bikin Sayuran Jadi Masakan Lezat dan Disukai

Teknik memasak saute dilakukan dengan menggoreng makanan secara cepat menggunakan minyak yang sangat sedikit dalam api besar. Sementara koki mengocok wajan sehingga makanan jadi melompat ke atas. Ini ditujukan agar bahan makanan tak menempel pada wajan.

Teknik memasak ala Prancis yang satu ini adalah yang paling umum dan sering digunakan di seluruh dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News