Keluarga

Kurangi Makanan Berminyak, Ini 3 Tips Menggoreng Kentang Dengan Sedikit Minyak

Kurangi Makanan Berminyak, Ini 3 Tips Menggoreng Kentang Dengan Sedikit Minyak

MOMSMONEY.ID - Kentang goreng adalah salah satu makanan paling digemari masyarakat di seluruh dunia. Kentang goreng biasa disantap saat sedang bersantai.

Sayangnya, kentang goreng dimasak dalam minyak super banyak agar hasilnya jadi renyah. Tentu ini menjadi masalah besar, terutama bagi sebagian orang yang sedang menerapkan diet atau pola hidup sehat.

Kali ini MomsMoney memberikan beberapa tips menggoreng kentang dengan menggunakan sedikit minyak atau bahkan tanpa minyak sekaligus!

Mau tahu apa saja tips-tipsnya? Melansir dari Baking Kneads dan Sluurp, intip terus artikel yang satu ini!

Baca Juga: Hemat Pengeluaran, Ikuti 3 Tips Mengolah Sayuran Hijau yang Layu Agar Kembali Segar

Metode Air frying

Kentang digoreng dalam air fryer

Baca Juga: Tak Lagi Hambar dan Pahit, Ini 6 Tips Bikin Sayuran Jadi Masakan Lezat dan Disukai

Air fryer adalah alat yang sangat cocok untuk menggoreng kentang tanpa minyak atau hanya menggunakan sedikit minyak. Air fryer itu sendiri memang didesain khusus untuk menggoreng makanan tanpa perlu minyak sehingga cocok untuk menggoreng kentang.

Untuk dapat menggoreng kentang dalam air fryer, pastikan jangan menaruh terlalu banyak kentang dalam wajan khusus air fryer agar kentang dapat cepat matang dan matangnya merata. Biasanya kentang matang dalam waktu 20 menit jika digoreng dalam suhu 204 Celcius.

Trik agar kentang cepat matang saat digoreng dalam air fryer adalah buka dan balikkan setiap sisi kentang selama beberapa menit sekali. Jangan lupa juga tingkatkan suhu sedikit demi sedikit untuk hasil kentang yang lebih renyah.

Baca Juga: 5 Tips Rahasia Bikin Kentang Goreng Buatanmu Jadi Super Renyah ala Restoran

Metode Pan frying

Wajan Anti Lengket

Baca Juga: Tips Rahasia Bikin Tepung Panir Awet Menempel dan Tidak Rontok Saat Digoreng

Metode pan frying juga dapat menggoreng kentang dengan hanya menggunakan sedikit minyak. Metode memasak yang satu ini tak hanya cocok untuk menggoreng kentang saja tapi juga untuk menggoreng makanan lain dengan cara yang lebih sehat.

Cukup gunakan wajan anti lengket, masukkan kentang ke dalam wajan dan tambahkan 1-2 sdm air kaldu. Setelah air menguap, wajan akan mulai panas dan kentang akan mulai renyah. Jika cara ini kurang berhasil, Anda bisa tambahkan sedikit minyak untuk dapat mematangkan kentang.

Tips saat menggoreng kentang menggunakan metode pan frying ini adalah Anda harus menggunakan api sedang namun wajan harus tetap panas.

Baca Juga: Ikuti 4 Trik Rahasia yang Bikin Masakan Udang Jadi Terasa Lebih Juicy

Rebus sebelum digoreng

Kentang juga bisa dimasak menggunakan 2 metode memasak sekaligus! Cara ini ternyata efektif mengurangi minyak! Kedua metode memasak ini adalah: rebus lalu goreng.

Kentang yang direbus terlebih dahulu sebelum digoreng tidak hanya dapat menghemat waktu, tetapi juga mengurangi penyerapan minyak. Proses ini juga dapat membuat berbagai bahan makanan lain jadi tidak terlalu berminyak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News