Keluarga

Sering Kesepian? Intip 5 Cara Berkenalan dengan Teman Baru Bagi si Pemalu

Sering Kesepian? Intip 5 Cara Berkenalan dengan Teman Baru Bagi si Pemalu

MOMSMONEY.ID - Sering merasa kesepian karena tak punya teman? Cobalah beberapa cara berkenalan dengan teman baru, khusus bagi Anda yang pemalu dan kesulitan membuka diri.

Berkenalan dengan teman baru dapat menjadi suatu hal yang menakutkan bagi sebagian orang. Pasalnya, sebagian orang ini berpikir terlalu berlebihan sehingga cenderung untuk menutup diri.

Nah, agar anda tak lagi menutup diri dari lingkar pertemananmu, cobalah terapkan beberapa cara berkenalan dengan teman baru yang dilansir dari laman Parade, personal excellence, dan ramsey solutions, selengkapnya.

Baca Juga: Beri Literasi Keuangan, Intip 5 Cara Ajari Anak Mengatur Keuangan Sesuai Usianya

Hilangkan rasa takut di pikiranmu

Bagi sebagian orang, bertemu orang baru adalah peristiwa yang menakutkan. Ketakutan ini lambat laun akan menghalangi kita untuk menjalin pertemanan baru. Maka dari itu, cara berkenalan dengan teman baru dapat dilakukan dengan menghilangkan rasa takutmu terlebih dahulu.

Rasa takut bertemu orang baru hingga rasa takut meninggalkan kesan buruk di mata orang lain sebenarnya merupakan ketakutan murni yang hanya ada di kepala kita. Sadari itu dan buang rasa takutmu perlahan dan jadilah orang yang lebih terbuka.

Baca Juga: 6 Makanan di Film The Menu, Semua Indah tapi Mengerikan

Mulai dari orang yang Anda kenal

Jika Anda belum terbiasa berkenalan dengan teman baru, Anda bisa memulainya dari teman-temanmu.

Ada 3 cara berbeda yang dapat dilakukan, di antaranya:

  • Jika Anda memiliki teman yang telah lama putus kontak, coba sapa kembali dengan ramah.
  • Sesekali, terima ajakan dari teman untuk bertemu dan mintalah ia untuk mengenalkanmu kepada teman-temannya.
  • Jangan tolak setiap ajakan bertemu/berkencan agar lingkar sosialmu tidak terbatas.

Baca Juga: 4 Jenis Bra Ternyaman untuk Ibu Menyusui, Wajib Anda Miliki di Lemari!

Ajak orang lain berkenalan

Salah satu cara berkenalan dengan teman baru bagi si pemalu adalah dengan mengajak orang lain berkenalan terlebih dahulu. Jangan bertindak terlalu pasif, mulailah terlebih dahulu dari diri anda.

Meski di setiap perkenalan memiliki risiko seperti penolakan dan adanya rasa canggung, tapi jangan tersinggung dan teruslah berusaha. Basa-basi, kontak mata, keramahan, dan senyuman dapat mengundang Anda untuk terhubung dengan orang lain dan berteman dengan mudah.

Baca Juga: Anti Drama, Ini 6 Cara Putus dengan Pacar Secara Baik-baik

Tunjukkan sikap ramah

Cara Berkenalan dengan Teman Baru Bagi si Pemalu

Cara berkenalan dengan teman baru bagi si pemalu bisa dilakukan dengan menunjukkan sikap ramah. Anda bisa menunjukkan senyuman, menyapa orang-orang, dan bersikap terbuka agar orang lain mau berteman dengan Anda.

Berkenalan dengan temannya temanmu

Cara berkenalan dengan teman baru sekaligus memperluas lingkar pertemanan yang paling efektif adalah dengan berkenalan & menjalin hubungan dengan teman dari teman dekatmu.

Berteman dengan teman dari teman-temanmu dianggap lebih nyaman dan terasa aman karena anda dan mereka memiliki banyak karakteristik yang sama, memudahkan Anda menjalin hubungan lebih erat.

Baca Juga: Ubah Rambutmu, Ini 5 Tren Warna Rambut yang Akan Popular di Tahun 2023

Lakukan pertemuan di luar lingkar pertemanan

Setelah beres melakukan tahap-tahap di atas, cara berkenalan dengan teman baru pada tahapan selanjutnya adalah dengan melakukan pertemuan di luar lingkar pertemananmu.

Anda bisa melakukannya dengan berbagai cara, di antaranya:

  • Mengikuti kursus tertentu
  • Menjadi relawan/volunteer
  • Bergabung dengan komunitas tertentu
  • Mengikuti kelas olahraga: pilates, gym, dll.
  • Mengunjungi festival musik atau seni
  • Pergi mengunjungi klub pecinta hewan, dan sebagainya

Itulah sederet cara berkenalan dengan teman baru yang ampuh bagi Anda si pemalu. Cara-cara di atas dapat diterapkan untuk segala usia. Jadi, mulailah membuka diri dan jangan takut lagi berkenalan dengan teman baru, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News