Keluarga

Sering Gagal Bikin Kue? Intip 4 Trik Rahasia yang Bikin Kue Mengembang Sempurna

Sering Gagal Bikin Kue? Intip 4 Trik Rahasia yang Bikin Kue Mengembang Sempurna

MOMSMONEY.ID - Mau bikin kue ulang tahun untuk si kecil? Atau mau bikin kue untuk camilan saat santai? Intip trik-triknya berikut ini, yuk!

Membuat kue memang tak semudah membaca resep. Terkadang, ada beberapa hal yang ternyata bikin kue menjadi gagal.

Kue yang gagal bisa disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari kue yang kurang rasa, hingga kue yang gagal mengembang dengan sempurna.

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Ini Dia Tips Bersihkan Pakaian dari Berbagai Jenis Noda dan Kotoran

Untuk mencegahnya, MomsMoney telah menuliskan beberapa trik membuat kue yang super enak dan pas di lidah. Pastinya trik ini akan membuat kue jadi mengembang sempurna dan tak keras!

Mau tahu apa saja trik-triknya? Melansir dari pondan, simak artikelnya berikut ini!

Perhatikan suhu

Dalam membuat kue, suhu bahan adalah salah satu komponen wajib yang harus diperhatikan. Semua bahan yang nantinya akan digunakan wajib berada dalam suhu ruang.

Pasalnya, suhu yang terlalu dingin ataupun panas dapat berpengaruh terhadap kualitas kue yang dihasilkan.

Baca Juga: 4 Kesalahan saat Memasak yang Dapat Merusak Rasa Makanan, Ternyata Sering Dilakukan!

Bahan fresh

Bolu Pisang

Agar kue dapat mengembang sempurna, maka pilihlah bahan-bahan yang masih fresh atau segar, mulai dari tepung terigu hingga baking powder. Selain supaya kue dapat mengembang dengan baik, kue juga punya rasa yang enak karena berasal dari bahan-bahan yang masih baru.

Baca Juga: 7 Tips Mengatur Freezer Agar Makanan Rapi dan Tak Ada Gumpalan Es

Takaran bahan sesuai

Jika sudah membaca dan menyimak dengan resep kue yang akan Anda bikin, maka seanjutnya Anda harus mengukur takaran bahan sesuai dengan petunjuk.

Anda perlu membersihkan permukaan sendok ataupun mangkuk setelah dipakai bahan tertentu untuk meminimalisir kelebihan bahan. Kelebihan bahan tertentu dapat berisiko menyebabkan kue jadi tidak mengembang dengan baik (bantat).

Baca Juga: Berapa Lama Waktu Terbaik Menyimpan Tepung? Ini Jawabannya

Semua alat harus kering

Pastikan bahwa semua peralatan kue harus dalam keadaan kering. Jika peralatan telah dicuci, jangan lupa untuk mengeringkannya dengan tisu dapur.

Hal ini disebabkan kue yang dibuat dengan peralatan yang basah dapat membuat kue jadi tak mengembang akibat adanya gumpalan adonan yang berasal dari tetesan air yang tersisa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News