Keluarga

Moms Wajib Tahu! Ini Dia Tips Bersihkan Pakaian dari Berbagai Jenis Noda dan Kotoran

Moms Wajib Tahu! Ini Dia Tips Bersihkan Pakaian dari Berbagai Jenis Noda dan Kotoran

MOMSMONEY.ID - Ada beberapa jenis noda dan kotoran yang sangat sulit untuk dibersihkan. Noda ini mencangkup bekas tinta hingga noda minyak. Noda-noda ini sangat mengganggu terlebih jika menempel pada pakaian yang berwarna putih.

Namun kini Anda tak perlu khawatir karena MomsMoney akan memberikan beberapa tips untuk menghilangkan noda dan kotoran berdasarkan jenisnya.

Melansir dari NBC News dan How Stuff Works, berikut artikelnya!

Baca Juga: 4 Trik Menghilangkan Bau Tidak Sedap di Kulkas, Mudah!

Noda minyak

Noda minyak pada pakaian bisa dibersihkan dengan larutan cuka & air 50:50. Setelah itu, oleskan shampoo atau sabun pencuci piring. Cukup gosokkan ke area noda lalu gosok dan biarkan sebentar. Setelah itu, bilas dan cuci seperti biasa.

Baca Juga: 6 Tips Tetap Sehat Setelah Mengonsumsi Gorengan, Tetap Bisa Makan Sepuasnya!

Noda lipstik

Lipstik merupakan salah satu jenis noda yang sulit untuk dihilangkan. Ini karena ada begitu banyak warna dan formula di dalamnya.

Untuk pembersihan noda lipstik, sebetulnya bergantung pada jenis pakaian yang terkena noda. Namun Anda bisa mencobanya dengan mengikis sisa lipstick yang tertempel.

Setelah itu, beri sabun pencuci piring dengan sifat anti-minyak ke atas noda pakaian dan di balik noda pakaian. Gosok hati-hati dengan sikat gigi bersih. Ulangi langkah tersebut sampai noda hilang.

Baca Juga: 5 Kegunaan Cuka untuk Membersihkan Berbagai Barang, Ini Dia Daftarnya

Tumpahan kopi

Noda tumpahan kopi pada pakaian cukup mudah dihilangkan dengan mengalirkan air panas langsung ke ke tempat noda.

“Jika noda menempel, beri larutan cuka & air 50:50, lalu gunakan sikat dan sedikit sabun untuk menghilangkan cuka,” ucap Richardson, pakar penghilang noda yang dilansir dari NBC News.

Baca Juga: Tips Jitu Hilangkan Bau pada Spons Cuci Piring Setelah Masak Hidangan Lebaran

Bekas tinta

Noda bekas tinta yang tertempel pada pakaian bisa dibersihkan dengan cara mencelupkan kapas ke alkohol, gosok dari arah luar ke tengah. Ganti kapas jika sudah mulai menyerap tinta. Lalu bilas dengan detergen seperti biasa.

Bau urin hewan

Hilangkan noda bekas urin hewan pada pakaian dengan mencampurkan 1 cup cuka putih ke air bilasan untuk menghilangkan bau.

Jika baunya kuat, campurkan 2 cup cuka putih dengan air dingin. Rendam kain sepenuhnya dan biarkan semalaman. Setelah itu, Anda bisa membilasnya dengan detergen seperti biasa untuk menghilangkan bau cuka.

Baca Juga: Ide Masak Nasi Kuning Minions Super Lucu untuk Tambah Nafsu Makan Anak

Lumpur

Cara termudah hilangkan noda lumpur adalah dengan menggunakan sabun cuci dan sikat langsung ke spot noda. Basahi dan mulai menggosoknya dengan sabun. Ulangi dua kali hingga noda benar-benar hilang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News