HOME, Keluarga

4 Kesalahan saat Memasak yang Dapat Merusak Rasa Makanan, Ternyata Sering Dilakukan!

4 Kesalahan saat Memasak yang Dapat Merusak Rasa Makanan, Ternyata Sering Dilakukan!

MOMSMONEY.ID - Memasak menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari pada sebagian orang di seluruh dunia. Namun tidak semua orang dapat memasak dengan baik. Nyatanya, ada saja beberapa kesalahan umum yang dilakukan secara berulang tanpa disadari.

Beberapa kesalahan ini harus segera diakhiri karena dapat merusak cita rasa hingga tingkat kematangan dari suatu makanan, loh!

Apa sajakah kesalahan-kesalahan tersebut? Melansir dari Today dan Reader’s Digest, berikut beberapa cara pencegahannya!

Baca Juga: 5 Cara Mengatur Pola Makan saat Memasuki Usia Kepala Empat

Wajan belum panas

Kesalahan yang umum dilakukan hampir di seluruh dunia adalah memasukkan minyak/margarin ke dalam wajan yang masih belum panas. Tanpa disadari, hal ini dapat merusak makananmu.

“Jangan pernah memasukkan apapun ke dalam panci yang masih dingin,” ucap Donna Dooher, seorang koki eksekutif sekaligus pemilik Mildred’s Temple Kitchen di Toronto, yang dilansir dari Reader’s Digest.

Baca Juga: Punya Perut Buncit? Ini 5 Makanan Sehat yang Bisa Menyusutkan Lemak di Perut

Tambahkan minyak ke dalam wajan yang telah cukup panas untuk memastikan proses pembakaran yang baik serta membantu mencegah makanan menempel pada wajan.

Memasak Mie

Terlalu sering membalik daging

Terlalu sering membalik daging saat sedang dimasak merupakan suatu kesalahan yang umum dilakukan. Nyatanya, kesalahan ini dapat merusak rasa daging serta kematangannya.

Baca Juga: 6 Cara Mengurangi Minyak yang Menempel pada Makanan yang Digoreng

Daging –baik yang lunak seperti ikan, maupun yang keras seperti daging sapi, kambing, ataupun ayam–  memiliki kandungan protein. Ketika sedang dimasak, protein tersebut akan menjadi lengket dan menempel pada wajan.

Namun ketika protein telah matang, maka daging dengan sendirinya bisa dibolak-balikkan tanpa menempel pada wajan.

Namun jika daging masih lengket dan menempel pada wajan, itu artinya protein pada daging belum matang.

Menggunakan pisau tumpul

Chef Mengiris Bahan Makanan

Kesalahan umum saat memasak yang kadang dilakukan oleh banyak orang adalah menggunakan pisau yang sudah tumpul untuk memotong makanan. Alasan sebenarnya cukup simpel, yakni karena malas mengasah pisau.

Baca Juga: Cara Mudah Memegang dan Memakai Sumpit yang Benar untuk Pemula

Namun nyatanya, selain membuat proses memotong jadi lebih sulit, hal ini juga dapat membahayakan Anda. Pisau yang tumpul dapat dengan mudahnya terlepas sehingga dapat membahayakan Anda yang sedang memasak.

Selain itu, pisau tumpul membuat setiap bahan makanan yang dipotong menjadi hancur karena tak mampu membelah bahan makanan tersebut.

Baca Juga: Kulkasmu Kotor dan Berbau? Simak 5 Cara Bersihkan Kulkas dari Bau Tak Sedap

Menambahkan garam selesai memasak

Garam merupakan penambah rasa masakan. Garam juga memiliki kemampuan untuk membantu mengeluarkan rasa dari bahan makanan lain sehingga masakan jadi terasa lebih berbumbu.

Sayangnya, terkadang masih ada saja sebagian orang yang menambahkan garam setelah selesai memasak. Inilah kesalahan umum yang tanpa disadari dapat merusak rasa makanan.

Baca Juga: Coba 7 Cara Efektif Ini Untuk Memperbaiki Rasa Masakan yang Terlalu Asin

Manfaat dari menaburkan garam saat sedang dimasak adalah untuk mendistribusikan rasa agar merata, serta agar berbagai bahan makanan dapat lebih mudah menyerap bumbu lainnya.

Memberi garam setelah selesai memasak hanya akan membuat masakan menjadi asin dan malah tidak enak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News