HOME, Keluarga

Perbandingan Rumah Tipe 36 dan Tipe 45, Mana yang Cocok untuk Anda?

Perbandingan Rumah Tipe 36 dan Tipe 45, Mana yang Cocok untuk Anda?

MOMSMONEY.ID - Saat akan membeli rumah, tipe atau jenis rumah tersebut menjadi salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan.

Di antara tipe-tipe rumah yang ada di Indonesia, rumah tipe 36 dan 45 cukup populer dan memiliki banyak peminat.

Kedua tipe rumah ini pada dasarnya memiliki spesifikasi yang mirip, hanya berbeda tipis pada luas bangunannya saja. Dilansir dari Pinhome, rumah tipe 36 dan 45 umumnya sama-sama memiliki 2 kamar tidur, 1 ruang keluarga, dan 1 kamar mandi.

Baca Juga: 5 Warna Cat Rumah yang Diprediksi akan Populer Pada Tahun 2022

Karena spesifikasinya yang tidak berbeda jauh, terkadang calon pembeli rumah bingung menentukan rumah tipe apa yang paling cocok dengan kebutuhan mereka. Karena rumah merupakan pembelian yang digunakan dalam jangka waktu lama, pemilihan tipe rumah pun harus dilakukan dengan bijak.

Nah, supaya Anda tidak bingung, berikut MomsMoney jabarkan perbandingan antara kedua tipe rumah tersebut.

Luas bangunan

Seperti yang sudah disebutkan di atas, rumah tipe 36 memiliki luas bangunan sebesar 36 meter persegi dengan dimensi 6 x 6 meter.

Sementara itu, rumah tipe 45 memiliki luas bangunan sebesar 45 meter dengan dimensi 6 x 7,5 meter atau 8 x 5,6 meter.

Jadi, secara umum rumah tipe 36 memiliki dimensi yang lebih compact, sedangkan rumah tipe 45 memiliki dimensi dan luas bangunan yang lebih lega.

Luas lahan

Dilansir dari Creo House, rumah tipe 36 umumnya dibangun di atas lahan seluas 60 atau 72 meter persegi, sehingga rumah ini kerap disebut sebagai rumah tipe 36/60 atau 36/72. Namun, ada juga beberapa rumah tipe 36 yang memiliki lahan seluas 90 meter persegi.

Rumah tipe 45 biasanya dibangun di atas lahan yang lebih luas, yaitu sebesar 72 atau 96 meter persegi. Oleh karena itu, rumah ini kadang disebut sebagai rumah tipe 45/72 dan 45/96.

Jadi, rumah tipe 45 memiliki luas lahan yang lebih lega jika dibandingkan dengan rumah tipe 36. Walaupun sama-sama dapat menampung keberadaan taman dan parkiran mobil, rumah tipe 45 akan cocok untuk Anda yang butuh sedikit ruang lebih.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menghitung kWh Listrik Prabayar? Ini Dia Rumusnya

Jumlah ruangan

Pada dasarnya, rumah tipe 36 dan 45 memiliki jumlah ruangan yang sama, yaitu 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, dan 1 ruang keluarga atau ruang tamu.

Namun, karena luas bangunan yang lebih lega, rumah tipe 45 memungkinkan Anda untuk menambah satu kamar tidur lagi. Dikutip dari Homify, saat ini pun sudah ada pengembang yang menawarkan desain rumah tipe 45 dengan 3 kamar tidur.

Baca Juga: Begini Cara Membeli Token Listrik di Aplikasi DANA

Target penghuni

Karena memiliki jumlah ruangan yang hampir sama, rata-rata penghuni rumah tipe 36 dan 45 adalah pasangan muda atau keluarga kecil yang sudah memiliki 1 atau 2 anak.

Jika Anda tidak berencana untuk menambah anak, rumah tipe 36 sudah sangat cukup untuk ditempati. Namun, jika Anda membutuhkan tambahan ruangan atau merasa rumah tipe 36 kurang luas, maka rumah tipe 45 dapat menjadi pilihan yang lebih sesuai.

Harga

Walaupun hampir sama, rumah tipe 36 dan 45 tetap memiliki luas bangunan yang berbeda. Hal ini tentu berpengaruh pada harga masing-masing tipe rumah.

Dengan luas bangunan yang lebih kecil, rumah tipe 36 biasanya dijual dengan harga relatif yang lebih terjangkau. Karena itu, rumah tipe ini cenderung cocok untuk Anda yang memiliki budget terbatas.

Sementara itu, rumah tipe 45 biasanya memiliki harga yang lebih tinggi. Jika Anda memang memiliki budget berlebih, tidak ada salahnya memilih rumah tipe ini.

Itulah perbandingan antara rumah tipe 36 dengan rumah tipe 45. Bagaimana, sudah tahu tipe rumah apa yang cocok untuk Anda?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News