HOME, Santai

Penyebab Munculnya Ingrown Hair dan Cara Perawatannya

Penyebab Munculnya Ingrown Hair dan Cara Perawatannya

MOMSMONEY.ID - Mencukur, mencabut, dan segala usaha yang dilakukan untuk menhilangkan rambut di bagian tubuh akan mengakibatkan ingrown hair. Ingrown hair sendiri adalah permasalahan umum yang bisa terjadi pada wanita dan pria.

Ingrown hair berbeda dengan rambut lain yang tumbuh pada tubuh. Jika rambut lain tumbuh mengarah ke luar, ingrown hair adalah rambut yang tumbuh ke arah dalam tubuh. 

Hal ini dikarenakan adanya penutupan pori-pori yang membuat rambut terperangkap di dalam. Sehingga pertumbuhan rambut dipaksa untuk tumbuh dengan arah sebaliknya.

Baca Juga: Skin Care Ini Bisa Bantu untuk Mengurangi Milia

Penyebab munculnya ingrown hair paling umum adalah karena aktivitas mencukur. Ingrown hair berpotensi muncul pada seseorang yang memiliki rambut keriting. Mencabut rambut pada bagian tubuh juga bisa mengakibatkan munculnya ingrown hair.

Selain itu, waxing juga bisa menyebabkan munculnya ingrown hair. Ingrown hair bisa mengakibatkan iritasi pada kulit. Kulit kemerahan adalah akibat yang muncul karena ingrown hair.

Selanjutnya akan ada benjolan kecil-kecil berwarna merah seperti jerawat yang juga muncul. Gatal dan tidak nyaman juga kerap dirasakan karena munculnya ingrown hair ini.

Cara perawatan ingrown hair yang paling mudah dilakukan adalah dengan menghentikan aktivitas mencukur atau mencabut rambut pada tubuh. Beri jeda satu hingga enam bulan untuk kembali melakukan treatment tersebut jika ingrown hair mulai tumbuh. 

Baca Juga: Mengenal Kandungan PHA Pada Skin Care dan Manfaatnya Bagi Kulit

Laser treatment adalah treatment yang lebih disarankan jika ingin menghilangkan rambut pada bagian tubuh. Karena treatment tersebut bekerja hingga ke bagian dalam kulit dimana rambut tumbuh. Sehingga rambut bisa tercabut hingga akar dan tidak menyebabkan tumbuhnya ingrown hair.

Selain itu pengobatan dengan menggunakan retinol dan antibiotic juga bisa digunakan untuk perawatan ingrown hair. Namun tentunya perlu pengawasan dari dokter ahli agar tidak keliru dalam penggunaan dosisnya.

Untuk mencegah munculnya iritasi, gunakan pelembab pada bagian tubuh yang dicukur setelah mencukur. Perlu diingat bahwa ingrown hair memiliki resiko seperti munculnya bakteri dan mengakibatkan kulit disekitarnya menjadi gelap.

LMaka dari itu, jika ingrown hair semakin parah ada baiknya untuk melakukan perawatan dengan dokter. Namun secara alami ingrown hair bisa mereda dengan sendirinya.

Selanjutnya: 5 Cara Menghilangkan Bau Kaki Secara Permanen, Mudah Dicoba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News