HOME, Bugar

5 Cara Menghilangkan Bau Kaki Secara Permanen, Mudah Dicoba

5 Cara Menghilangkan Bau Kaki Secara Permanen, Mudah Dicoba

MOMSMONEY.ID - Selain bau ketiak, bau kaki menjadi sumber masalah yang membuat anda tidak percaya diri dan mengganggu. Bau kaki disebabkan oleh produksi kelenjar keringat yang berlebih ditambah dengan perkembangan jamur dan bakteri di dalamnya.

Melansir dari jovee.id, sebenarnya kelenjar keringat berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit dan mengatur suhu tubuh. Namun, banyaknya kelenjar ini menyebabkan produksi keringat juga banyak dikeluarkan.

Saat anda memakai kaus kaki dan sepatu, keringat tersebut akan terperangkap di dalam. Sehingga, bakteri dan jamur akan berkembang di tempat yang lembab, tertutup dan hangat. Hal tersebut yang menyababkan bau kaki muncul.  

Selain itu, ada beberapa penyebab munculnya bau kaki lainnya yaitu kurangnya menjaga kebersihan kaki, perubahan hormon yang menyebabkan keringat berlebih dan infeksi jamur. Oleh karena itu, anda perlu selalu menjaga kebersihan dan kesehatan kaki agar bau kaki tidak muncul lagi.

Baca Juga: Kandungan Nutrisi dan Manfaat Tauge untuk Kesehatan Tubuh

Jika anda memiliki masalah bau kaki, berikut penjelasan singkat mengenai cara menghilangkan bau kaki secara permanen dengan mudah, yaitu:

1. Membersihkan dan memotong kuku kaki

Cara awal menghilangkan bau kaki tentunya mencuci kaki dan memotong kuku kaki. Mencuci kaki anda dengan air dan sabun sampai bersih, lalu dilanjutkan dengan memotong kuku kaki. Memotong kuku jangan sampai terlalu pendek, ya. 

2. Merendam kaki dengan ramuan rumahan

Cara menghilangkan bau kaki selanjutnya yaitu merendam kaki dengan ramuan rumahan. Melansir dari jovee.id, anda bisa menggunakan garam, cuka, lemon, dan teh untuk membantu menghilangkan bakteri penyebab bau kaki. Cara membuat ramuan rumahannya, yaitu:

  • Campurkan air dan cuka dengan perbandingan 2:1 dan rendam kaki Anda selama 10 – 20 menit.
  • Tuang 8 sendok makan garam ke dalam 946 ml air dan rendam kaki Anda selama 10 – 15 menit. Jangan lupa keringkan kaki dengan benar.
  • Buat teh menggunakan 4 – 5 kantung dan 4 cups air, atau sekitar 946 ml. Rendam kaki selama 20 menit.

3. Scrub seluruh bagian kaki

Scrub juga bisa menghilangkan bau kaki anda. Scrub seluruh bagian kaki dengan scrub berbahan kopi dan bilas sampai bersih. Telah banyak produk scrub kopi yang terjual di luaran, anda bisa menggunakannya agar lebih praktis. 

4. Semprotkan anti perspirant  pada kaki

Cara menghilangkan bau kaki lainnya yaitu menyemprotkan anti perspirant pada kaki. Anti perspirant adalah zat kimia yang dapat mengurangi produksi keringat. Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter mengenai penggunaan anti perspirant pada kaki. 

5. Gunakan sepatu dan kaos kaki yang tepat

Terakhir, gunakan sepatu dan kaos kaki yang tepat agar bau kaki tidak semakin muncul. Gunakan sepatu berbahan kanvas dan kulit, sebaiknya anda perlu menghindari sepatu berbahan plastik. Jika perlu, pakailah sepatu dengan sol yang dibuat khusus untuk menghilangkan bau kaki.

Saat udara sedang panas, gunakan alas kaki yang terbuka seperti sepatu sandal. Selanjutnya, gunakan kaos kaki berbahan katun atau wol. Hindari kaus kaki berbahan sintetis, misalnya jersey. Sebab, bahan katun yang berpori-pori akan menjaga kaki tetap kering.

Itulah 5 cara menghilangkan bau kaki secara permanen, tentunya mudah dicoba ya, moms. Semoga membantu!

Selanjutnya: Ketahui 4 Cara Mengatasi Rambut Rontok Akibat Stres

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News