HOME, Santai

Skin Care Ini Bisa Bantu untuk Mengurangi Milia

Skin Care Ini Bisa Bantu untuk Mengurangi Milia

MOMSMONEY.ID - Milia merupakan benjolan kecil yang terbentuk ketika sel kulit mati atau protein yang disebut keratin terperangkap pada lapisan bawah kulit. Milia tidak memiliki efek jangka panjang yang berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya. 

Terlalu sering tepapar sinar matahari juga bisa menjadi penyebab kerusakan kulit yang mengakibatkan kulit terbakar dan munculnya milia. Namun dalam beberapa kasus milia bisa saja menjadi sangat mengganggu karena tidak bisa hilang dan membutuhkan perawatan dokter.

Namun ada beberapa cara untuk perawatan milia. Melalui beberapa produk skin care maka pencegahan untuk timbulnya milia bisa berkurang. Yuk intip skin care seperti apa yang bisa bantu untuk mengurangi timbulnya milia.

Baca Juga: Bagaimana Sih Milia Terbentuk? Yuk, Cari Tahu Juga Cara Mencegahnya

Double cleanser

Double cleansing adalah step dalam skin care yang harus dilakukan untuk mengangkat sisa make up, kotoran, dan polusi yang emnyumbat pori-pori. Dengan menggunakan cleansing oil atau cleansing balm, maka kotoran yang berada pada lapisan kulit bisa terangkat dengan baik. Setelah itu barulah Anda mencuci muka Anda dengan sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Produk seperti Biore make up remover dan Garnier micellar cleansing water bisa Anda gunakan dalam tahap pertama. Kemudian sebagai obat cuci muka Anda bisa menggunakan produk cuci muka ringan dari Avoskin atau Hadalabo.

Exfoliate toner

Milia terjadi karena adanya penumpukan keratin yang tersumbat kotoran. Dengan menggunakan produk skin care yang memiliki fungsi eksfoliasi, maka kotoran yang tersumbat dapat terangkat. Menggunakan exfoliate toner bisa dijadikan pilihan jika Anda kurang cocok menggunakan produk chemical exfoliate. Gunakan produk ini 2-3 kali dalam seminggu.

Avoskin memiliki produk exfoliate toner yang direkomendasikan oleh banyak orang karena efeknya yang bagus bagi kulit. Selain itu produk toner AHA dari COSRX juga dijadikan alternatif pilihan lainnya.

Baca Juga: Pahami 6 Cara Menghilangkan Milia secara Alami di Rumah

Pelembab ringan

Milia juga bisa disebabkan karena penumpukan kotoran sisa dari pelembap atau produk skin care yang memiliki bentuk krim tebal. Maka dari itu gunakan pelembab ringan yang bisa membantu mengontrol sebum dan membantu menjaga kelembapan kulit. Tekstur gel atau lotion ringan bisa Anda jadikan pilihannya.

Produk pelembab dari Somethin dan The Aubree contohnya, bisa Anda coba karena memiliki kandungan ceramide yang sangat baik untuk membantu menjaga kelembapan kulit.

Serum retinol

Retinol memiliki fungsi untuk meregenerasi kulit. Maka dari itu dengan menggunakan serum retinol milia dapat terkikis secara perlahan dan mempercepat proses hilangnya milia. Retinol juga mamu untuk mencegah timbulnya milia baru. Gunakan retinol dengan kandungan rendah jika Anda adalah pemula.

Serum retinol dari Elsheskin dan Somethinc bisa Anda gunakan bagi pemula karena kandungan retinolnya yang masih ringan. Selain itu serum retinol dari Avoskin juga bisa menjadi alternatif pilihan lainnya.

Sunscreen

Paparan sinar matahari dapat membuat kulit terbakar dan menyebabkan munculnya milia. Dengan seringnya terpapar sinar matahari, maka proses regenerasi kulit dapat terhambat. Yang kemudian bisa menyebabkan penumpukan sel kulit mati penyebab milia.

Sunscreen dari Azarine yang sedang viral, dapat Anda gunakan untuk sehari-sehari. Selain itu produk sunscreen dari Skin Aqua juga bisa dijadikan pilihan lainnya. 

Selanjutnya: Suka Film Perang? Yuk, Tonton 3 Rekomendasi Film Bertemakan Peperangan Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News