HOME, Santai

Bagaimana Sih Milia Terbentuk? Yuk, Cari Tahu Juga Cara Mencegahnya

Bagaimana Sih Milia Terbentuk? Yuk, Cari Tahu Juga Cara Mencegahnya

MOMSMONEY.ID - Milia adalah sejenis jerawat kecil pada bagian mata. Milia bisa dialami semua usia, mulai dari bayi hingga orang dewasa. 

Bentuknya berupa benjolan kecil seperti jerawat yang muncul secara berkelompok. Milia terbentuk dari tumpukan keratin yang terperangkap pada lapisan kulit dalam. Hingga kemudian membentuk milia.

Milia bisa dikategorikan dalam dua jenis, yaitu primary dan secondary milia. Primary milia terbentuk secara langsung dari keratin yang terperangkap dalam kulit. Biasanya sering ditemukan pada orang-orang tua.

Baca Juga: Mengenal Kandungan PHA Pada Skin Care dan Manfaatnya Bagi Kulit

Sedangkan secondary milia adalah milia yang terbentuk dan muncul karena adanya zat-zat lain selain keratin yang menyumbat bagian atas kulit. Misalnya, karena adanya luka atau kulit melepuh. 

Milia sendiri biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa bulan. Milia tidak memiliki efek jangka panjang bagi kulit. Milia juga tidak dikategorikan dalam masalah kulit yang berbahaya.

Milia yang ditemukan pada bayi tidak dapat dicegah. Milia pada kulit bayi dapat hilang lebih cepat daripada milia yang terjadi pada kulit orang dewasa. Namun, pembentukan milia pada kulit orang dewasa bisa dicegah. Caranya adalah dengan menjauhkan kulit dari paparan sinar matahari secara langsung. Anda dapat menggunakan sunblock. 

Baca Juga: Cari Tahu Bedanya AHA dan BHA Pada Skin Care Agar Tidak Keliru

Lalu usahakan untuk menjauhi produk skin care yang memiliki struktur tebal dan terbuat dari minyak. Rajinlah untuk meng eksfoliasi kulit. Membersihkan kulit dan pori-pori dari sisa kotoran dan kulit mati akan membuat pertumbuhan milia berkurang.

Walaupun milia berada pada lapisan teratas kulit, namun milia susah untuk dihilangkan dengan alat-alat atau secara paksa. Maka dari itu jangan memaksa untuk menekan atau menghilangkan milia. Risiko meninggalkan bekas karena luka saat menekan milis bisa saja terjadi.

Selanjutnya: Sampah Makeup dan Skincare Menumpuk? Yuk, Coba Solusi Ramah Lingkungan Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News