HOME, Santai

Cari Tahu Bedanya AHA dan BHA Pada Skin Care Agar Tidak Keliru

Cari Tahu Bedanya AHA dan BHA Pada Skin Care Agar Tidak Keliru

MOMSMONEY.ID - Dalam dunia skin care, AHA dan BHA merupakan kandungan bahan yang digunakan untuk eksfoliasi kulit. Dua kandungan ini sama-sama memiliki manfaat untuk menghilangkan kulit mati pada kulit Anda.

AHA merupakan singkatan dari Alpha Hydroxy Acid, sedangkan BHA adalah singkatan dari Beta Hydroxy Acid. Kedua bahan ini memiliki kandungan hydroxy acid dengan fungsi yang berbeda.

Untuk itu, mari ketahui perbedaan AHA dan BHA agar tidak salah dalam menggunakan skin care yang memiliki kandungan hydroxy acid ini.

Baca Juga: Cari Tahu Apa Itu Jerawat Cystic dan Cara Mengatasinya

AHA

Melansir dari laman Health Line, AHA adalah cairan asam yang mudah larut dalam air. Bahan ini bekerja pada lapisan kulit bagian atas yang akan membuat kulit mati terangkat, membuat tampilan kulit lebih segar, dan meregenerasi sel-sel kulit.

Bahan-bahan AHA yang paling sering digunakan pada kandungan skin care adalah lactic acid, glycolic acid, dan mandelic acid. 

AHA baik digunakan jika Anda memiliki tekstur kulit yang tidak merata, memiliki garis-garis halus, dan hyperpigmentasi. Karena bahan AHA ini memiliki manfaat untuk mencegah penuaan dan kerutan yang muncul pada kulit. 

Bahan AHA ini merupakan bahan yang masuk dalam kandungan keras. Maka itu, usahakan untuk menggunakannya dalam kadar 10-15% saja. Gunakan 2-3 kali dalam seminggu untuk mencegah iritasi. Serta jangan lupa untuk menggunakan sunscreen keesokan harinya.

Baca Juga: Sudah Tahu Bedanya Blackhead dan Whitehead? Yuk, Cari Tahu

BHA

BHA adalah kandungan asam yang mudah larut pada minyak. Kandungan bahan ini bekerja pada lapisan bawah kulit dan permukaan pori-pori. Dimana letak sebum dan kulit mati sering ditemukan.

Bahan ini akan sangat sesuai digunakan bagi yang memiliki masalah jerawat, pori-pori besar, dan komedo. Kandungan BHA yang sering digunakan dalam skin care adalah salicylic acid. Kandungan salicylic acid ini dikenal sebagai kandungan skin care yang anti inflamasi dan anti bakterial.

Bahan aktif BHA ini sebaiknya digunakan jika Anda memiliki masalah dengan inflamasi dan ingin menghilangkan jerawat. Selain itu bahan salicylic acid juga memiliki manfaat untuk mengontrol produksi minyak dan mengurangi sebum. Kandungan ini juga membantu untuk menyeimbangkan minyak dan kelembaban kulit.

BHA memang tidak membuat kuliat Anda menjadi terlalu sensitive seperti kandungan AHA. Namun perlu diingat untuk selalu menggunakan skin care di hari berikutnya ketika Anda melakukan proses eksfoliasi.

Sama seperti AHA, BHA juga sebaiknya digunakan secara rutin 2-3 kali dalam seminggu. Ketika kulit Anda sudah mulai terbiasa maka Anda dapat meningkatkan penggunaan bahan aktif ini. 

Selanjutnya: Moms, Inilah 4 Resep Kecantikan Daun Pandan Warisan Nenek Moyang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News